Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorSelain Angkot Ngetem, Ini 7 Istilah Lain di Dunia Perangkotan Kota Bogor

Selain Angkot Ngetem, Ini 7 Istilah Lain di Dunia Perangkotan Kota Bogor

Bogordaily.net ngetem adalah salah satu istilah atau sebutan bagi atau angkutan kota di Kota Bogor yang sedang mencari penumpang.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada istilah lain selain ngetem dalam dunia perangkotan atau dunia sopir di Bogor.

Jika kamu penasaran dengan istilah-istilah tersebut, berikut akan diulas mengenai istilah-istilah tersebut.

1. Ngetem Istilah

Kondisi yang tidak bergerak atau tengah menunggu. Biasanya, akan ngetem di tepi jalan untuk menunggu penumpang. Jika sudah dipenuhi baru jalan

2. Carter

Pada dasarnya tidak berbeda dengan istilah rental. Namun, masyarakat cenderung menggunakan istilah rental saat menyewa mobil pribadi, sementara istilah carter dipakai untuk menyewa .

3. Sewa

Kalangan sopir memiliki istilah tersendiri dalam menyebut penumpang. Mereka umumnya menggunakan kata “sewa” untuk merujuk kepada orang yang menaiki .

4. Kiri

Kata tersebut memiliki makna “stop”. Hal ini mungkin disesuaikan dengan aturan berkendara di Indonesia yang menggunakan lajur kiri, sehingga pintu pun berada di sebelah kiri. Maka saat ingin turun, penumpang memberikan kode ucapan “kiri” kepada sopir.

5. Oper

Ada kalanya sopir tidak menuntaskan perjalanannya hingga ke akhir rute. Biasanya hal ini disebabkan karena penumpang yang dibawa hanya satu atau dua orang. Karena merasa malas atau dianggap hanya menghabiskan bensin, sopir pun mengoper penumpangnya. Istilah “oper” berarti memindahkan penumpang ke angkutan lain yang bergerak ke arah dan trayek yang sama.

6. Langsung

Biasanya sopir akan meneriakkan “langsung-langsung”. Hal ini berarti sopir akan langsung memberangkatkan angkotnya ketika penumpang sudah naik, tanpa menunggu datangnya penumpang lain. Istilah ini juga bermakna bahwa sopir akan langsung ke tujuan akhirnya.

7. Kosong

Sopir meneriakkan “kosong-kosong” juga untuk menarik perhatian orang agar mau menaiki angkotnya. Angkot yang kosong biasanya membuat penumpang lebih berminat karena leluasa untuk duduk di dalamnya.

8. Rit

Sudah jadi rahasia umum, sopir angkot kebanyakan merupakan sopir tembak atau sopir pengganti. Mereka biasanya bekerja menarik angkot berdasarkan rit, misalnya 1 rit atau lebih. Rit adalah perjalanan bolak-balik dalam satu trayek.

9. 4-6

Biasanya jok sebelah kiri dapat memuat 4 penumpang, sementara jok sebelah kanan diisi oleh 6 penumpang. Istilah yang akrab untuk hal tersebut adalah “4-6”. Sopir kerap meneriakkan “4-6” berulang-ulang agar penumpang duduk rapat memenuhi kapasitas setiap sisi jok.

Demikian ulasan dan informasi mengenai istilah lain selain angkot ngetem dalam dunia angkot di Kota Bogor.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here