Monday, 13 May 2024
HomeNasionalTaman Nasional Way Kambas Kebakaran, 1500 Hektare Lahan Ludes

Taman Nasional Way Kambas Kebakaran, 1500 Hektare Lahan Ludes

Bogordaily.net – Sekitar 1500 hektare di lahan Taman Nasional Way Kambas (), kebakaran, pada Sabtu, 14 Januari 2023 sekitar pukul 10.00 WIB. Lahan yang yang terbakar merupakan vegetasi alang-alang dan semak di kawasan Resort Toto Projo dan Resort Rantau Jaya yang berada di Seksi PTN Wilayah 2 Bungur.

Dikutip dari Lampung77.id, awalnya kepulan asap kebakaran terlihat dari pantauan menara pengawas Taman Nasional Way Kambas sejak pukul 10.00 WIB, Sabtu, 14 Januari 2023.

Selanjutnya tim kebakaran meluncur ke lokasi dan sampai di TKP Grid 67C, 68C, 76C 77C Resort Toto Projo, Resort Rantau Jaya atau Seksi PTN Wilayah 2 Bungur jam 11.06 WIB untuk melakukan pemadaman.

“Api terlihat pada siang dan hingga malam ini tim pemadam masih berupaya memadamkan,” jawab Bonari, salah satu tim pemadam kebakaran di lokasi.

Kebakaran untuk yang kesekian kali di Taman Nasional Way Kambas itu diduga dilakukan karena kesengajaan oleh tangan manusia dengan tujuan hendak merencanakan perburuan.

Kabar kebakaran itu disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas Kuswandono melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Hermawan.

“Berdasarkan informasi tersebut, tim meluncur ke lokasi dan sampai di Grid 67C, 68C, 76C, 77C pada pukul 11.06 WIB untuk melakukan pemadaman menggunakan mobil triton balai dan seksi, mobil mitra, sepeda motor, alat tangki semprot (alpha) dan gepyok dari bahan tanaman di lokasi,” ucap Hermawan, pada Minggu, 15 Januari 2023.

Ia juga mengatakan, upaya memadamkan api, petugas Balai, Resort Toto Projo, Resort Rantau Jaya, masyarakat mitra polhut (MMP) Way Kambas dan masyarakat sekitar kawasan sebanyak 40 orang untuk memadamkan api tersebut.

“Api baru berhasil dipadamkan pada Sabtu malam, pukul 22.30 WIB dengan perkiraan luas areal terbakar sekitar 1500 hektare yang merupakan vegetasi alang-alang dan semak,” ungkapnya.

“Pagi ini tim sedang di lapangan untuk melaksanakan groundcheck untuk memastikan api padam,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here