Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorTanpa Alas Kaki, Ini Kisah Sepasang Saudara Berjualan Donat dari Cibuluh Sampai...

Tanpa Alas Kaki, Ini Kisah Sepasang Saudara Berjualan Donat dari Cibuluh Sampai Ciapus

Bogordaily.net – Kisah Anita (7) dan kaka kandungnya Merita (12) yang untuk membantu orangtuanya. kandung, adik kaka tersebut tinggal di Kawung Luwung, Tegal Gundil, Kota Bogor, ia berdua biasa jalan kaki ke arah Cibuluh hingga Ciapus.

Meski Anita masih duduk dibangku Sekolah Dasar kelas 1, dan Merita kakanya kelas 3, namun mereka setiap harinya tanpa lelah dan penuh semangat. Meski demikian, pendidikannya tidak terganggu, ia berjualan saat pulang sekolah, mulai dari jam 10 pagi, hingga menjelang sore hari.

Beralaskan sendal jepit dan kaos yang kusam, Anita dan Merita terus menjajakan dagangannya dengan cara berjalan, hingga ke wilayah Ciapus, Kabupaten Bogor. Setelah berjualan, kadang mereka pulang ke rumah jalan kaki, ketika dagangannya habis, baru pulang naik angkutan umum.

Setiap harinya, Anita membawa 70 donat menggunakan toples besar yang ia bawa, sementara sang kaka, membawa 40 donat. Mereka biasanya mangkal sembari beristirahat di minimarket Alfamart, Jalan Sholeh Iskandar, Kedunghalang, Kota Bogor.

Penghasilan dari jualan donatnya kadang tak menentu, sehari bisa mendapat Rp 50.000, sampai Rp 100.000, keuntungan hasil dari berjualannya ditabungkan, untuk meraih cita-citanya kelak.

“Aku setiap hari pulang sekolah jualannya, kadang juga pisah sama kaka jualannya. Kadang pulangnya juga bareng,” kata Anita kepada Bogordaily.net.

Meski demikian, ternyata Anita mempunyai cita-cita menjadi pilot. Ia ingin mengelilingi Indonesia bersama keluarganya menggunakan pesawat. Oleh karena itu, ia tanpa lelah dan terus berjuang melawan kerasnya kehidupan, sembari terus belajar di sekolahnya.

Sementara sang kaka, Merita, mempunyai cita-cita menjadi Polwan, ia ingin menangkap penjahat. Hal itu karena uang hasil berjualannya pernah diambil orang. Ia ingin semua penjahat yang ada di Kota Bogor khususnya bisa ditangkap saat ia menjadi Polwan kelak.

“Mau jadi polisi, soalnya pernah aku pas berjualan, uang aku diambil orang Rp 50 ribu. Adik aku juga pernah,” ungkap Merita

Bagi kalian yang ingin membeli donat yang Anita dan Merita jual, bisa memesan dengan cara menghubungi kontak di nomor 085778422530. Atau bisa datang langsung ke rumahnya di Kawung Luwung, RT 02, RW 01, Tegal Gundil, Kota Bogor.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here