Monday, 23 September 2024
HomeKulinerTips Bikin Bawang Goreng Kriuk dan Tahan Lama, Emak-Emak Wajib Coba!

Tips Bikin Bawang Goreng Kriuk dan Tahan Lama, Emak-Emak Wajib Coba!

Bogordaily.net–  Bawang goreng biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan. Bahkan ada yang kurang rasanya jika tak menaburi bawang goreng. Nah, kita bisa membuat bawang goreng di rumah dan menyimpannya untuk stok. Berikut adalah tips membuat bawang goreng yang kriuk dan tanah lama sebagaimana dikutip dari laman Sajian Sedap.

Pilih bawang merah terbaik

Bawang merah yang bagus bisa menggunakan yang berasal dari Kecamatan Rubaru, Sumenep, Jawa Timur. Bawang merah ini disebut bawang merah sumenep. Selain bawang merah sumenep, bawang merah lain yang terkenal akan varietas unggulan adalah bawang merah bima dari Brebes. Kedua varietas bawang merah ini menghasilkan tekstur bawang goreng yang lebih renyah ketimbang varietas bawng merah lain.

Bentuk irisan bawang merah

Cara mengiris bawang goreng juga harus diperhatikan. Ternyata cara mengiris bawang merah dapat jadi penentu akan bawang goreng yang renyah merata. Caranya, mengiris bawang merah dengan ketebalan sedang, tidak terlalu tebal atau tipis. Irisan bawang merah yang terlalu tebal, membuat bawang renyah di luar tetapi basah di dalam. Sementara bawang merah yang diiris terlalu tipis, mudah gosong saat digoreng. Cara termudah adalah menggunakan alat iris bawang manual.

Angin-anginkan bawang merah

Jika sudah diiris jangan langsung goreng bawang. Angin-anginkan terlebih dahulu bawang merah iris di tampah besar sekitar setengah jam. Cara ini untuk mengurangi kadar air pada bawang merah, agar ketika digoreng renyahnya awet.

Taburkan tepung maizena ke bawang merah iris

Setelah itu, tambahkan tepung maizena yang berfungsi sebagai penambah kerenyahan. Tambah sedikit saja tepung maizena ke bawang merah iris dan aduk menggunakan stoples (jangan diremas). Penambahan tepung maizena yang terlalu banyak ke bawang merah, justru membuat bawang jadi mirip bawang goreng tepung.

Pakai minyak kelapa untuk goreng bawang

Alih-alih menggunakan minyak goreng kelapa sawit, coba gunakan minyak kelapa untuk menggoreng bawang. Minyak kelapa membuat bawang goreng lebih renyah tahan lama.

Goreng dengan api kompor kecil

Jangan menggoreng bawang dengan api kompor besar karena membuat bawang matang tidak merata dan cepat gosong.

Angkat dan tiriskan bawang goreng sebelum cokelat

Angkat bawang merah begitu warnanya sudah keemasaan. Jangan menunggu sampai bawang goreng menjadi cokelat. Sebab, proses pematangan bawang merah masih terus berlangsung setelah diangkat dari minyak. Warnanya lambat laun akan berubah menjadi coklat.

Cara meniriskan bawang goreng

Jangan langsung menuang bawang goreng di atas kertas tisu atau kertas minyak. Sebab, minyak yang terserap kertas tersebut justru akan mengenai bawang goreng. Tiriskan dulu dengan saringan tahan panas, lempar-lempar ke udara agar minyak goreng dari bawang goreng keluar banyak baru tiriskan di atas kertas dan angin-anginkan. Setelah dingin, simpan bawang goreng di wadah kedap udara. Itulah tadi tips membuat bawang goreng kriuk, renyah, dan tahan lama. Selamat mencoba.

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here