Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaTips Cepat Hamil Setelah Menikah, Apa Saja? Cek di Sini

Tips Cepat Hamil Setelah Menikah, Apa Saja? Cek di Sini

Bogordaily.net–  cepat setelah menikah apa saja? Kehadiran buah hati dalam pernikahan menjadi sesuatu yang didambakan pasangan yang telah menikah. Berikut cepat atau cara cepat setelah menikah yang dapat Anda dan pasangan lakukan seperti dikutip dari laman Aladokter.

Berhubungan seks secara teratur

Berhubungan seks secara rutin tanpa kondom atau alat kontrasepsi merupakan langkah utama agar Anda bisa cepat . Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan dan kehamilan, Anda dan pasangan disarankan untuk berhubungan seks saat sedang memasuki masa ovulasi. Namun, masa ovulasi terkadang bisa bergeser sehingga sulit diprediksi. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres berat dan kelelahan akibat aktivitas fisik atau olahraga berlebihan. Untuk memastikan masa ovulasi, Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan alat tes masa subur.

Jalani pola hidup sehat

Anda dan pasangan perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan. Pola hidup sehat yang perlu Anda dan pasangan jalani di antaranya menjaga berat badan tetap ideal dengan berolahraga secara teratur, tetapi hindari olahraga secara berlebihan karena justru dapat mengganggu kesuburan, konsumsi makanan bernutrisi seperti ikan, daging, sayuran, dan kacang-kacangan. Kemudian batasi konsumsi kafein hingga tidak lebih dari 200 miligram per hari atau setara dengan 1 cangkir kopi atau 2 cangkir teh serta cukupi waktu istirahat atau tidur selama 7–9 jam setiap malam.

Konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan, mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, dan mencegah janin terlahir cacat. Setiap wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan mengonsumsi 400–600 mikrogram asam folat per hari. Nutirisi ini juga tetap perlu dikonsumsi setelah wanita berhasil . Selain dalam bentuk suplemen, asam folat juga banyak terkandung secara alami di dalam brokoli, buncis, bayam, kentang, dan sereal.

Hentikan kebiasaan tertentu

Beberapa kebiasaan dapat mengganggu program yang tengah Anda lakukan. Kebiasaan tersebut diantaranya merokok, termasuk juga menghirup asap rokok, mengonsumsi minuman keras dan menggunakan obat terlarang, mengonsumsi asupan vitamin A secara berlebih, baik dari suplemen maupun dari sumber makanan seperti hati sapi atau ayam, mengonsumsi daging, ikan, dan telur yang belum matang karena berisiko mengandung bakteri, virus, atau parasit penyebab penyakit. Kemudian mengonsumsi susu yang tidak terpasteurisasi dan ikan yang banyak mengandung merkuri, seperti ikan salmon, tuna, dan tongkol.

Cek kesehatan secara rutin dan imunisasi

Setiap pasangan dianjurkan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sebelum memulai program hamil. Hal ini penting dilakukan agar dokter dapat mendeteksi apakah Anda atau pasangan memiliki penyakit tertentu yang dapat mengganggu kesuburan dan membahayakan janin, seperti hepatitis B, HIV, sifilis, dan toksoplasmosis. Anda juga akan mendapatkan imunisasi rubella atau campak Jerman, serta tetanus. Vaksin-vaksin tersebut penting diperoleh setiap wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

Itulah agar cepat hamil, jika belum berhasil berkonsultasilah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan. Selain menentukan penyebabnya, dokter akan memberikan cara cepat hamil lainnya sesuai kondisi Anda dan pasangan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here