Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorTirta Pakuan Akan Bangun SPAM Katulampa Tahap II Tahun Ini

Tirta Pakuan Akan Bangun SPAM Katulampa Tahap II Tahun Ini

Bogordaily.net – Kapasitas air di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa akan bertambah menjadi 600 liter per detik, dengan menambah pembangunan pada tahun Ini.

Direktur Utama Perumda Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan, sesuai rencana berkapasitas air 300 liter per detik akan dibangun tahun 2023 ini.

“Insyaallah (, red) dibangun tahun ini dan penyelesaiannya harus tahun ini, jika melihat dari APBN. Sementara untuk lelangnya di Jawa Barat,” kata Rino, Kamis 12 Januari 2023.

Ia mengungkapkan, pembangunan SPAM itu diprakarsai danrem 061/Sk atas kejadian kebocoran pipa transmisi Tangkil AC 21 inchi yang terdampak proyek Bocimi tahun 2017.

“Saya ingat betul kejadian Bocimi 80 persen warga Kota Bogor tidak teraliri, yang ternyata Istana Bogor juga menjadi salah satu mengalami gangguan itu. Jadi pak danrem setuju dengan ide tersebut yang akhirnya dikomunikasikan ke pemerintah pusat waktu itu. Alhamdulillah pemerintah pusat merespon dan akan membangun ,” katanya.

Pembangunan SPAM tersebut akan dilaksanakan bersebelahan dengan SPAM Katulampa yang ada di Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

“Pembangunan ini disebelah SPAM Katulampa yang sekarang, masih ada lahan yang cukup luas. Memang dari dulu itu didesain dua kali kapasitas air 300 liter per detik,” paparnya.

Selain ketersediaan lahan yang akan digunakan , sambung Rino, pembangunan ini juga telah didukung untuk jaringan pendistribusian airnya.

“Jadi pipa dari Pasir Angin sudah kapasitas 600 liter per detik. Kemudian pipa pembawanya yang ke kawasan R3 (Regional Ring Road) juga sudah 600 liter per detik. Jadi tinggal tambah lagi di sana,” terangnya.

Lebih jauh, kata Rino, penambahan kapasitas air 300 liter per detik ini selain untuk memenuhi kebutuhan air di Istana Bogor, juga untuk cakupan pelayanan di wilayah Bogor Utara dengan target 21.000 sambung rumah.

“Kami akan memaksimalkan wilayah – wilayah di Bogor Utara, termasuk rencana kita untuk menjual sebagian air ke wilayah Kabupaten Bogor yang terlewati oleh pipa-pipa kami atas kerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, SPAM Katulampa tahap I yang dibangun Kementerian PUPR memiliki kapasitas air 300 liter per detik. Perumda Kota Bogor mengoperasikan SPAM Katulampa yang meliputi water treatment plant (WTP) dan reservoir sejak serah terima tahun 2019.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here