Saturday, 27 April 2024
HomeBerita6 Penyebab Tubuh Mudah Lelah yang Jarang Diketahui

6 Penyebab Tubuh Mudah Lelah yang Jarang Diketahui

Bogordaily.net – Berikut ini beberapa yang kerap dirasakan oleh beberapa orang. Merasa lelah saat aktivitas padat adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana jika tubuh terasa mudah lelah tanpa sebab yang jelas?

Tubuh pada umumnya bakal merasa lelah setelah banyak beraktivitas atau baru berolahraga berat. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari kurang tidur hingga adanya masalah kesehatan tertentu.

Berikut ini ialah beberapa yang perlu diwaspadai:

1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi ini bisa menjadi badan mudah lelah, meskipun kamu misalnya sudah melakukan tidur selama lebih dari 7 jam.

Berikut ialah berbagai jenis kekurangan nutrisi yang berpotensi dalam menyebabkan kamu sering merasa lelah dan mengantuk seperti, zat besi, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 atau folat, vitamin B12, vitamin D, vitamin C, dan magnesium.

2. Stres

Stres ternyata ada kaitan antara stres yang kronis dengan perasaan lelah. Faktanya menurut sebuah studi menyatakan, stres yang kronis bisa menyebabkan kelelahan terkait stres, yakni dimana kondisi akan disertai dengan gejala kelelahan psikologis maupun fisik.

Lebih jauh lagi stres kronis dapat berpotensi menyebabkan perubahan struktural dan fungsional pada otak dan dapat memicu peradangan kronis yang kemudian bisa memicu rasa mudah lelah.

3. Kurang olahraga

Kurang beraktivitas fisik justru membuat tubuh tidak bertenaga. Orang yang jarang berolahraga dan tidak aktif bergerak, cenderung jadi mudah lelah.

Coba beranjak dari tempat duduk untuk sekadar meregangkan badan, ke kamar mandi, atau mengambil minuman setiap satu jam sekali.

Selain itu, usahakan untuk bergaya hidup aktif. Misalkan pilih naik tangga ketimbang eskalator atau lift. Lalu coba parkir kendaraan di tempat yang lebih jauh, sehingga jalan kaki semakin jauh.

4. Kurang tidur

Kurang tidur dan tidur tidak berkualitas sama-sama bisa jadi badan mudah lelah.

Masalah tidur ini bisa disebabkan banyak hal, misalnya banyak pikiran (overthinking), konsumsi kafein berlebihan, jadwal makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur, atau terlalu banyak paparan cahaya terang dari gawai sebelum tidur.

Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur selama tujuh jam setiap malam. Jika kuantitas tidur Anda tidak terpenuhi, tubuh memiliki utang tidur.

5. Kurang minum

Sejumlah studi menyebutkan, minum cukup cairan penting untuk mempertahankan tingkat energi di dalam tubuh. Tanpa energi, tubuh jadi tidak bertenaga.

Untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh, Anda perlu rajin mengonsumsi air putih yang cukup. Jumlah ideal kecukupan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung aktivitas, berat badan, serta usia.

6. Obesitas

Badan sering lemas dan mudah capek juga dapat diakibatkan obesitas.

Selain dikaitkan dengan peningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan sejumlah kanker, obesitas juga bisa meningkatkan risiko kelelahan kronis.

Lebih jauh lagi, obesitas sangat berpengaruh terhadap peningkatan risiko obstructiive sleep apnea (gangguan tidur yang membuat henti napas sementara waktu), yang merupakan umum dari kelelahan di siang hari.

Demikianlah tadi enam . (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here