Sunday, 12 May 2024
HomeNasional9 Februari Memperingati Hari Apa? Cek di Sini

9 Februari Memperingati Hari Apa? Cek di Sini

Bogordaily.net–  memperingati hari apa? Tanggal 2023 jatuh pada Kamis besok. Ada peringatan atau perayaan di tanggal . Nah, memperingati hari apa? Simak ulasannya berikut ini.

Tanggal 9 Februari diperingati sebagai (HPN). Tanggal 9 juga bertepatan dengan hari berdirinya PWI. Setiap tahun, peringatan dilaksanakan secara bergantian di setiap ibu kota provinsi se-Indonesia. Nah tahun ini diperingati di Medan, Sumatera Utara.

ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Tanggap 9 Februari juga merupakan Hari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Organisasi wartawan pertama di Indonesia ini menjadi wadah bagi para wartawan untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan lewat tulisan.

Persatuan Wartawan Indonesia berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta. Lahirnya PWI menjadi bukti bahwa wartawan Indonesia turut berjuang dalam menentang kembalinya penjajah ke tanah air. Oleh karena itu 9 Februari juga dikenal sebagai (HPN).

Dilansir dari laman Pwi.or.id, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan organisasi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta. Tanggal tersebut juga disebut sebagai .

Dengan lahirnya PWI, wartawan Indonesia menjadi tangguh untuk tampil sebagai ujung tombak perjuangan Indonesia dalam menentang kembalinya kolonialisme dan negara lain yang ingin meruntuhkan RI.

PWI menjadi wadah para wartawan untuk memperjuangkan bangsa lewat tulisan. Sejauh ini, sebagaimana para jurnalis Indonesia di masa penggalangan kesadaran bangsa, para wartawan dari generasi 1945 yang masih aktif tetap menjalankan profesinya dengan semangat mengutamakan perjuangan bangsa, kendati ada kendala menghadang kiprahnya. PWI sendiri mempunyai keanggotaan yang berasal dari seluruh Indonesia.

Selain dan Hari PWI, tanggal 9 Februari juga diperingati sebagai Hari Korps Kavaleri TNI AD. Pada 9 Februari besok adalah hari jadi yang ke-73 tahun.

Itulah ulasan tentang tanggal 9 Februari memperingati hari apa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here