Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorAkibat Hujan Deras, Rumah Warga di Parung Panjang Ambruk

Akibat Hujan Deras, Rumah Warga di Parung Panjang Ambruk

Bogordaily.net – Akibat , satu unit rumah milik warga di Kampung Leuwi Goong, Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, , pada Selasa 14 Februari 2023.

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, rumah tersebut dikarnakan faktor bangunan yang sudah lapuk milik ibu anah (69). Sehingga mengalami kerusakan cukup parah.

“Kondisi yang saat itu sedang turun hujan dan angin di wilayah tersebut mengakibatkan satu unit rumah ,” kata Jalaludin kepada Bogordaily.net, Rabu 15 Februari 2023.

Jalaludin menambahkan, petugas yang menerima laporan langsung berangkat kelokasi, dan tiba di lokasi, pada pukul 12.24 Wib, Rabu 15 Februari 2023. Setibanya dilokasi, para petugas langsug melakukan penanganan terhadap korban.

“Satu rumah rusak berat, ada satu keluarga sebanyak lima jiwa, atas nama ibu anah, dan saat ini mengungsi di rumah sodara di alamat yang sama,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam melakukan penanganan dilokasi, pihak Trc BPBD Kabupatan Bogor dibantu oleh Pemerintah Desa dan juga masyarakat setempat. Dan kata dia, beberapa material rumah telah dirapihkan oleh warga.

“Untuk saat ini material yang sudah mulai di rapihkan oleh warga setempat dan rumah sudah tidak layak huni,” ujar Jalaludin.

Ia menambahkan, untuk saat ini diperlukan penanganan lebih lanjut dari dinas terkait untuk mengurangi resiko kerusakan. Dan rumah tersebut kata Jalal, tidak termasuk kedalam program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

“Di perlukan penanganan lebih lanjut dari pihak terkait, dikhawatirkan apabila terjadi hujan dan angin kembali akan menambah kerusakan pada bagunan. Rumah tersebut tidak terdaftar program rutilahu,” ungkapnya.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here