Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorHari Sampah Nasional, Pemkot Bogor Bersih-bersih Sungai Ciliwung

Hari Sampah Nasional, Pemkot Bogor Bersih-bersih Sungai Ciliwung

Bogordaily.net–  Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar acara peringatan dengan cara membersihkan aliran Sungai Ciliwung di Kebun Raya Bogor pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali , Danrem 061 Suryakancana, Brigjen TNI Rudi Saladin MA bersama para relawan lingkungan dan beberapa komunitas.

“Masalahnya masih sama. Kita menemukan sampah plastik yang sudah pasti mengancam lingkungan karena terurai lama sekali sampai ratusan tahun. Mulai dari sampah kemasan mie instan, sachet, serta plastik lainnya,” kata Bima Arya.

Ia menegaskan, konsistensi adalah kunci untuk mengatasi permasalahan sampah plastik ini.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso menambah, aksi bersih-bersih tersebut dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

“Ini kegiatan yang luar biasa, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya terkait pengelolaan sampah di sekitar kita,” ujar Kombes Bismo.

Menurutnya, bersih-bersih Sungai Ciliwung di KRB sekaligus untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Sebab, sampah-sampah yang dominasi dari limbah masyarakat, selain mengganggu pemandangan dan mencemari lingkungan, juga berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar.

Terlebih sampah seperti plastik-plastik bekas air mineral atau styrofoam jika  tidak segera dibersihkan, penguraiannya akan sangat lama.

“Perubahan itu tidak menunggu nanti, tapi dari sekarang. Yang bisa kita lakukan adalah kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya,” kata Kombes Bismo.

Sementara itu aksi bersih-bersih sungai Ciliwung ini diikuti oleh beberapa komunitas seperti World Clean Up Day Indonesia, Komunitas Peduli Ciliwung, Satgas Naturalisasi Ciliwung , Kebun Raya Bogor bersama komunitas kebencanaan, lingkungan dan sepeda serta organisasi kemahasiswaan (Mapala).(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here