Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalHelikopter Kecelakaan, Ini Profil Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

Helikopter Kecelakaan, Ini Profil Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

Bogordaily.net– Helikopter yang kecelakaan di kawasan hutan Muaro Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Provinsi salah satunya ditumpangi oleh Kapolda . Sang Kapolda dikabarkan mengalami luka berat insiden dalam kecelakaan helikopter Polri jenis Super Bell 3001 pada Minggu, 19 Februari 2023 itu. Berikut profil Kapolda .

Irjen Pol Rusdi Hartono lahir pada 27 April 1969. Ia menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda sejak 14 Oktober 2022.

Melansir laman Wikipeda, Irjen Pol Rusdi Hartono merupakan lulusan Akpol 1991 yang berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri.

Alumni SMA Negeri 39 Jakarta tahun 1988 ini juga telah menduduki sejumlah jabatan sepanjang kariernya. Di antaraya sebagai Kapolres Garut, lalu Kapolres Cimahi pada 2009. Kemudian pada 2019 Rusdi menjadi Wadirlantas Polda Riau, Dirlantas Polda Kepri pada 2011 serta Dirlantas Polda Jabar tahun 2013.

Kariernya berlanjutnya pada 2014 ia menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Regident Korlantas Polri serta Kapolrestabes Makassar Polda Sulsel pada 2015. Lalu tahun 2016, Rusdi dipercaya menjabat sebagai Kabagkuhjardikbangspes Rokulum Lemdikpol Polri disusul Kabaganev Robinops Sops Polri, Karobinops Sops Polri pada 2020, serta Karopenmas Divhumas Polri pada 2020.

Baca Juga: Daftar Penumpang di Helikopter yang Ditumpangi Rombongan Kapolda Jambi

Sebelum menjabat sebagai Kapolda , Irjen Rusdi sempat bertugas sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri pada 2021 hingga kemudian dipercaya menjadi Kapolda hingga sekarang.

Sebelumnya diberitakan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi kecelakaan di kawasan hutan Muaro Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Kepala Bidang Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto menjelaskan ada delapan orang di dalam helikopter. Mereka adalah tiga kru serta lima penumpang yang semuanya anggota Polri. Tiga kru di dalam helikopter yakni AKP Ali Nurdin Harahap sebagai pilot, lalu copilot AKP Amos Freddy Sitompul, Mekanik Aipda Susilo.

Helikopter ditumpangi lima orang yakni Kapolda Jambi, , Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, Dirpolair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspripim Kompol Ayani, ADC Briptu Muhardi Aditya.

Helipkoter awalnya terbang dari Bandara STS Jambi pada pukul 9.30 WIB menuju Kerinci. Perjalanan yang ditempuh diperkirakan selama 75 menit. Namun, belum sampai di lokasi, helikopter tiba-tiba dikabarkan mendarat darurat. Sebelum terjadi insiden kecelakaan, helikopter direncanakan mendarat pada pukul 10.45 di Bandara Depati Parbo, Kerinci, Jambi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here