Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorJelang Ramadhan, RS Islam Bogor & DDII Salurkan Bantuan Bangun Masjid di...

Jelang Ramadhan, RS Islam Bogor & DDII Salurkan Bantuan Bangun Masjid di Lokasi Pasca Gempa Cianjur

Bogordaily.net – Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Rumah Sakit (RS) Islam Bogor bekerjasama dengan Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII) Jawa Barat, memberikan bantuan untuk membangun masjid di wilayah pasca , pada Minggu 5 Februari 2023.

Ketua Yayasan RS Islam, Dwi Sudharto menjelaskan bahwa bantuan tersebut hasil kerjasama dengan Sahabat Haji Kota Bogor, yang mana mempunyai tujuan yang sama yaitu, membantu pembangunan masjid sederhana, pengiriman Da'i dan pemeriksaan kesehatan masyarakat.

“Bencana masih meninggalkan duka yg mendalam. Lebih dari 600 orang wafat dan ribuan rumah serta masjid atau mushola hancur. Sampai saat ini masyarakat masih banyak hidup di tenda pengungsian. Diterpa hujan dan panas. Sangat memprihatinkan. Sementara Ramadan kian mendekat,” kata Ketua Yayasan RS Islam, Dwi Sudharto melalui keterangan tertulisnya yang diterima Bogordaily.net, Minggu 5 Februari 2023.

Baca Juga: RS Islam Bogor Siap Bertransformasi Menjadi RS Syariah

Ia mengatakan, ada beberapa paket bantuan yang disalurkan ke lokasi pasca gempa bumi yang mengguncang Cianjur. Yaitu sebagai berikut:

Pertama paket A. 6 Paket Masjid Lengkap* (Masjid 6x8m, tempat wudhu dan rumah ustadz) Rp 68 juta (Total Rp.408.000.000). Lokasi masjid di bekas masjid yang rusak atau hancur. Waktu pembangunan 14 hari

Lokasi penyaluran bantuan berada di enam kampung, yaitu sebagai berikut.

Kampung Bayubud, Desa Rancagoong Kecamatan Cilaku. Kampung Awilarangan Kidul, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang. Kampung Pasiripis, Desa Sukamulya. Kampung Bayubud, Kecamatan Cilaku. Kampung Cisarua Desa Sarampad. Kampung Salakawung Desa Sarampad.

Kedua, 8 Paket, tempat wudhu dan rumah ustadz Rp 33 juta dari 8 mesjid yang telah dibangun (Total Rp.264.000.000).

Lokasi penyaluran di Kampung Karamat Desa Sukamulya. Kampung Nagrog, Desa Gasol. Kampung Barulega, Desa Cirumput. Kampung Rancapicung, Desa Cibulakan. DKM Masjid Al Ikhlas Kampung Serpong, Desa Babakan Karet. DKM Al Muttaqin, Kampung Barukaso, Kecamatan Cugenang. Kampung Pasir sapi rt Desa Sukamulya. Kampung Cisarua Peuntas Desa Rancagoong.

Ketiga, Paket Sembako diberikan saat Ramadhan 1444 H untuk 14 lokasi masjid sebanyak 1.400 paket, Rp 150.000 (Total Rp 210.000.000).

Keempat, paket Da'i dan kesehatan, penempatan Dai, pemeriksaan kesehatan dan obat untuk 14 mesjid selama 6 bulan, Rp 40 juta (Total Rp 240.000.000).

Total gabungan Semua paket bantuan dan DDII yang telah disalurkan ke lokasi pasca bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yaitu sebesar Rp 1.122.000.000.

Baca Juga: Live Streaming Jeka Saragih vs Anshul Jubli, Klik DI SINI

Dwi menghimbau kepada para dermawan untuk menginfakkan atau mewakafkan sebagian rezekinya agar Ramadhan 1444 Hijriah dapat dilalui saudara-saudara umat muslim di Cianjur dengan lebih baik.

Ia juga menerima, infaq atau wakaf utuh (paket) ataupun donasi seikhlasnya. Wakaf masjid atau rumah ustadz atau tempat wudhu (utuh) dapat dihadiahkan untuk orang-orang tercinta (orangtua, keluarga atau diri sendiri) dan dapat diberi nama sesuai permintaan.

Donasi bisa disalurkan melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) No Rekening 1940271010 atas nama Herry Haerudin. Konfirmasi transfer bisa ke Haji. Heri Haerudin di nomor 081294734999 dan Dwi Sudharto 08129246658. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Eitor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here