Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalKembali Erupsi Hari Ini, Gunung Kerinci di Level Waspada

Kembali Erupsi Hari Ini, Gunung Kerinci di Level Waspada

Bogordaily.net Kerinci kembali pada Sabtu, 4 Februari 2023. Letusan yang berada di perbatasan Kabupaten Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tersebut disertai gempa tremor dengan amplitudo 0,5 sampai dengan 2 milimeter.

Kepala Pos Pemantauan Kerinci Irwan Safwan menerangkan, terjadi pukul 06.46 WIB.

Adapun tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak atau 4.005 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm dan durasi sementara ini kurang lebih 1 jam 40 menit,” ujarnya kepada wartawan.

“Seismik terekam gempa tremor menerus dengan amplitudo 0,5-2 mm dominan 1 mm,” tambahnya.

Saat ini Kerinci berada pada status level II Waspada.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan tidak mendaki kawah dalam radius tiga kilometer dari kawah aktif.

Sebelumnya, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan operasional bandara masih aman pasca erupsi Kerinci di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Jumat 13 Januari 2023 kemarin.

Bahkan, operasional penerbangan di bandara terdekat dari dalam kondisi normal.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni mengatakan, pihaknya akan terus melakukan monitoring secara intensif dengan melibatkan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG), dan Penyelenggara Bandar Udara serta pihak terkait lainnya.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mendapatkan informasi update perkembangan erupsi Kerinci. Sampai saat ini infrastruktur dan jalur penerbangan di bandara terdekat dengan sumber erupsi masih normal,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), diinformasikan tidak ada bandara dan jalur penerbangan yang berada di dalam zona sebaran erupsi Kerinci.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here