Tuesday, 19 March 2024
HomeNasionalKetua AMSI Mendesak Polisi Usut Penipuan yang Mencatut Nama AMSI

Ketua AMSI Mendesak Polisi Usut Penipuan yang Mencatut Nama AMSI

Bogordaily.net – Nama Asosiasi Media Siber Indonesia () dicatut untuk tindak kriminal . pun meminta pelaku yang mencatut dan mengatasnamakan organisasi untuk segera menghentikan tindakannya, dan meminta polisi mengusut tindak kriminal tersebut.

Pada tanggal 26 dan 29 Januari 2023, pelaku menggunakan nomor WhatsApp 089602549384 dan 082169829759 mengatasnamakan dan menakuti-nakuti korban, kemudian dilanjutkan dengan permintaan sejumlah uang

“Meminta pelaku menghentikan tindakan yang dilakukan karena melanggar hukum dan merugikan nama baik organisasi ,” kata Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia () Wenseslaus Manggut, di Jakarta, Rabu (31/1/2023).

Baca Juga: Bahas Tren Digital Terkini, AMSI Gelar Indonesia Digital Conference dan AMSI Awards 2022

AMSI, lanjut Wenseslaus, juga meminta pelaku menghentikan tindakan yang dilakukan karena melanggar hukum dan merugikan nama baik organisasi.

Selain itu, AMSI tidak pernah menjadi “polisi” atas dugaan tindakan pencemaran nama baik, yang dilakukan masyarakat baik di media sosial ataupun medium lainnya yang menjadi wilayah yurisdiksi penegak hukum.

Berikutnya, AMSI tidak pernah mengadakan pemungutan uang dalam kegiatan apapun kepada publik apalagi dengan dalih agar dibebaskan dari kasus hukum apapun.

“Kepada media ataupun perorangan, kami menghimbau untuk tidak meladeni dan lebih berhati-hati dengan berbagai bentuk broadcast yang diakhiri dengan memungut biaya dengan mengatasnamakan AMSI,” kata Wenseslaus.

Baca Juga: Cegah Hoaks, AMSI Gelar Training Pre-Bunking

Wenseslaus mengimbau agar masyarakat segera melaporkan setiap tindakan yang mengatasnamakan AMSI ke nomor WA Center AMSI di nomor 0812-8470-0300 atau email ke: [email protected].

“Mendesak aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku yang mengatasnamakan AMSI,” tegas Wenseslaus. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here