Thursday, 16 May 2024
HomePolitikKPU Kota Bogor Lantik 2.904 Pantarlih

KPU Kota Bogor Lantik 2.904 Pantarlih

Bogordaily.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor melantik petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) se-Kota Bogor sebanyak 2.904 orang pada Minggu 12 Februari 2023.

Ketua Samsudin menuturkan, pantarlih ditugaskan selama satu bulan, di mulai pada 13 Februari hingga 14 Maret 2023 mendatang.

Pantarlih akan diberi tiga tugas utama, antara lain melakukan perbaikan terhadap data pemilih, memasukan masyarakat yang sudah memenuhi syarat, namun namanya belum terdaftar atau belum ada dalam daftar pemilih, dan mengeluarkan pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat (TMS) dari daftar pemilih.

“Tiga tugas utama tersebut dilaksanakan dengan De Jure, artinya sesuai dengan informasi yang tercantum dalam KTP-el dan KK (Kartu Keluarga),” kata Samsudin, Selasa 14 Februari 2023.

Samsudin juga meminta, agar warga membantu pantarlih yang bertugas secara door to door ke setiap rumah, dengan menunjukkan KTP-el dan KK kepada pantarlih.

Baca Juga: Aplikasi E-Coklit untuk Pantarlih Pemilu 2024 dan Tutorialnya, Klik di Sini!!

“Kerjasama yang baik dari setiap warga akan mempermudah tugas para pantarlih kami, dan pada akhirnya data pemilih yang valid, mutakhir, akurat, dan berkualitas akan terwujud pada pemilu 2024,” imbuhnya.

Salam melaksanakan tugasnya, pantarlih akan mengenakan pakaian yang dilengkapi dengan rompi, topi serta ID card.

Selain itu petugas pantarlih menerima alat kerja berupa buku panduan, dokumen-dokumen, stiker, dan lain-lain. Pada kesempatan itu, seluruh pantarlih juga diberikan bimbingan teknis.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, resmi melantik 204 anggota Panitia Pemungut Suara (PPS). Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Poetri, SKI, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, pada Selasa 24 Januari 2023.

Ketua , Syamsudin mengatakan bahwa, pelantikan anggota PPS ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan memang sudah dijadwalkan sesuai tahapan Pemilu.

Sedangkan jumlah anggota PPS di Kota Bogor seluruhnya 204 orang, di mana setiap kelurahan ditugaskan sebanyak tiga orang.

“Usai dilantik anggota PPS ini langsung ‘berlari' dengan tugasnya membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), dimana nantinya satu TPS akan ada satu pantarlih,” kata Ketua Samsudin.

Samsudin menerangkan, total keseluruhan yang mendaftar sebagai anggota PPS ada 920 peserta, namun yang mengikuti seleksi tertulis sebanyak 558 peserta, seleksi wawancara 172 peserta hingga yang dilantik ada 204 orang.

Baca Juga: Aplikasi Pantarlih e-Coklit dan Cara Menggunakannya

Para anggota PPS yang saat ini dilantik tentu merupakan orang-orang yang mendapat nilai terbaik pada saat tahapan seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Kemudian, kata Samsudin, para anggota PPS ini akan membantu melaksanakan semua tahapan Pemilu 2024 di tingkat kelurahan yang ada di Kota Bogor.

Dia juga meminta kepada PPS untuk menjaga kesehatan, sebab tahapan Pemilu 2024 makin dekat, sehingga tugasnya semakin padat dan pastinya melelahkan, bahkan diyakini waktu untuk keluarga berkurang.

“Nantinya mereka akan bekerja keras karena mereka harus melakukan proses pengumuman dan melakukan rekruitmen Pantarlih, itu akan dilaksanakan Januari akhir dan awal Februari,” katanya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here