Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorMeminimalisir Angka Putus Sekolah, Kelompok KKN UMBARA Gelar Seminar Pendidikan di Desa...

Meminimalisir Angka Putus Sekolah, Kelompok KKN UMBARA Gelar Seminar Pendidikan di Desa Situ Udik

Bogordaily.net – Upaya meminimalisir angka putus sekolah, kelompok KKN-DIK Desa Situ Udik Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) laksanakan seminar , pada Sabtu, 25 Februari 2023. Kegiatan di Desa Situ udik ini merupakan program yang digagas oleh kelompok KKN-DIK Desa Situ Udik Universitas Muhammadiyah Bogor Raya.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata- (KKN-DIK) UMBARA tahun 2023 di Desa Situ Udik ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswa dari Fakultas keguruan dan Ilmu (FKIP) UMBARA dari berbagai prodi diantaranya Prodi Administrasi (Adpend), Bahasa Inggris (PBI), Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Guru Anak Usia Dini (PG-AUD).

Kegiatan seminar ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Situ Udik Bapak Mamat Sudin, Ketua LPM, pengurus karang Taruna Gardik, Kepala Dusun, Ketua Rw, pengurus PKK dan posyandu serta anak putus sekolah yang ada di desa situ udik sebagai sasaran utama peserta seminar. kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor Desa situ Udik kecamatan cibungbulang Kabupaten Bogor.

Bersamaan dengan hal itu, pada kegiatan seminar ini diisi pula oleh 3 pemateri yaitu Ibu Suherlinda, S.Pd dan Ibu Mudji Astuti, S.Pd. dari Penilik Paud dan DIKMAS kecamatan Cibungbulang dan Kang Asep awaludin, S.Pd. sebagai perwakilan dari pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia(KNPI) Cibungbulang di bidang dan pemberdayaan SDM.

Ketua kelompok KKN-DIK UMBARA Ahmad Fardansyah menyebut, bahwa kegiatan ini disambut dengan semangat oleh masyrakat dan berjalan denga antusias.

“Kegiatan LDK ini berjalan ini sangat antusias dan semangat dari peserta yang luar biasa, materi-materi yang diberikan oleh pembicara sangat substantif bagi anak putus sekolah dan orang tua anak, hal itu karena pembicara yang mengisi seminar ini kompeten di bidang masyarakat sehingga mampu memberikan spirit dan motivasi baru bagi anak dan orang tua yang putus sekolah. ” Kata Fardan

“Gagasan dari program ini juga berangkat dari kesadaran kelompok kami untuk memberikan program yang substantif dan bermanfaat, terlebih kami mengamati rata-rata lama sekolah (RLS) di kecamatan cibungbulang masih diangka 7,3 tahun sehingga kami punya harapan untuk bisa berpera meningkatkan angka tersebut melalui program-program di desa situ udik tempat kami KKN ini” sambungnya.

ia pun mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak dan yang telah bahu membahu menyukseskan acara seminar pendidikan ini.

“kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini dan nantinya kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut baik itu berupa pembinaan dan pengarahan terhadap anak yang putus sekolah supaya bisa melanjutkan di pendidikan kesetaraan sesuai jenjangnya” ucap Fardan.

Di tempat yang sama kepala Desa Situ Udik, Mamat Sudin mengucapkan terimakasih kepada kelompok KKN- DIK Desa Situ Udik UMBARA karna telah melaksanakan program seminar ini.

“Saya mewakili jajaran pemerintahan Desa Situ Udik mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UMBARA yang sudah melaksanakan program ini sebagai bentuk pengabdian dan perhatian terhadap pendidikan di Desa Situ Udik, semoga kedepannya program seperti ini dapat berlanjut dan kembali dilakukan melalui pembinaan-pembinaan terhadap masyarakat oleh mahasiswa UMBARA khususnya yang memang konsen di bidang pendidikan bahkan setelah kegiatan KKN ini selesai,” ujar Mamat Sudin.

Sebelum menutup wawancara Ahmad Fardansyah mengatakan bahwa peningkatan indeks lulusan pendidikan di Desa Situ Udik dapat dicapai dengan mengoptimalkan peran pemerintah desa, pemerintahan yang membidangi pendidikan, partipasi mahasiswa dan pemuda.

“Saya berharap pasca dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan output yaitu pemahaman dan kesadaran masyarakat tentangnya pentingnya wajib belajar, adanya optimalisasi peran pemerintahan terkait untuk dapat fokus pada hal ini serta partisipasi aktif dari mahasiswa dan pemuda sebagai agen perubahan dan masyarakat pada umumnya”  tutupnya.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here