Monday, 6 May 2024
HomeKota BogorMengurangi Resiko Bencana, Theo Himbau Masyarakat Lakukan 4 Langkah Ini

Mengurangi Resiko Bencana, Theo Himbau Masyarakat Lakukan 4 Langkah Ini

Bogordaily.net – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah () Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas, menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan empat langkah mengurangi yang terjadi pada musim hujan, khususnya di Kota Bogor.

“Yang pertama membiasakan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak berimbas pada banjir,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah () Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas

Theo menerangkan, bencana akibat hujan yang melanda khususnya di Kota Bogor, diprediksi akan terjadi mulai dari Februari hingga Maret 2023. Untuk itu masyarakat diminta selalu waspada.

“Kedua, masyarakat bisa melakukan kerja bakti untuk bergotong-royong membersihkan saluran air, irigasi sehingga tidak ada hambatan yang membuat air maupun sampah berbalik kepada warga di sekitarnya,” jelas Theo.

Kemudian yang ketiga, kata Theofilo, bagi warga yang sering melakukan perjalanan agar mengantisipasi bencana terhadap dirinya dan sekitar dengan menghindari jalan yang berpotensi ada pohon tumbang sehingga menghindari ancaman keselamatan.

Langkah terakhir, yang keempat tertuju kepada masyarakat yang ada di wilayah rawan longsor, yakni warga tinggal di rumah dengan kontur kemiringan atau ada perbedaan tinggi agar lebih waspada mengamati daerah sekitar apabila hujan.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah () Kota Bogor cepat tanggap dalam menangani tiga pohon tumbang yang terjadi di beberapa lokasi saat hujan deras pada pukul 10:40 WIB, Kamis 9 Februari 2023.

Ketiga lokasi terjadi pohon tumbang diantaranya di wilayah Jalan Dr. Semeru, Kelurahan Menteng, Bogor Barat, jalan Puter No.7, RT.03/RW.06, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal dan di RT.02/RW.12, Kelurahan Ciparigi, Bogor Utara Kota Bogor.

Petugas Kota Bogor tiba di lokasi Jalan DR. Semeru, Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat pada pukul 11:00 WIB. Dengan sigap dan tangkas tim yang berbekal mesin chainsaw memotong dan memangkas batang pohon Kiacret berdiameter 30 cm dan tinggi 12 meter.

Kepala Pelaksana Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan, pihaknya mengetahui informasi dari laporan masyarakat bahwa telah terjadi pohon tumbang. Kejadian ini dipicu oleh hujan deras disertai angin kencang. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here