Sunday, 28 April 2024
HomeHiburanNostalgia, 7 Media Sosial Jadul Ini Sangat Populer di Awal 2000'an

Nostalgia, 7 Media Sosial Jadul Ini Sangat Populer di Awal 2000’an

Bogordaily.net – Berikut ini jaman dulu (jadul) yang pernah populer di tahun 2000'an. yang paling terkenal yakni Friendster, Path, Myspace, dan lain-lain.

Sulit dipungkiri, adalah sebuah bagian penting dalam kehidupan masyarakat modern. Rasanya akan sulit terbayangkan, jika kita harus kehilangan akses pada beberapa layanan maya pilihan yang saat ini ramai digunakan.

Tahukah kamu, apa yang paling populer di awal tahun 2000? Berikut ini daftar yang pernah populer di tahun 2000'an.

1. Friendster

Memasuki awal millenium, konsep layanan bertukar pesan instan mulai digantikan oleh Friendster, yang menawarkan suatu lingkup jejaring sosial secara lebih lengkap. yang juga sering disebut sebagai cikal-bakal kenamaan semacam Facebook.

Pada masa jayanya, situs Friendster memudahkan para pengguna untuk bertukar pesan, berteman, dan berbagi pengalaman satu sama lain. Uniknya, Friendster dapat mengubah tampilan template sesuka hati kalian secara gratis dan mudah.

Munculnya Facebook menjadi satu di antara faktor tergusurnya Friendster yang jauh lebih sedikit fitur jika dibandingkan dengan Facebook.

2. Path

Path adalah yang telah punah namun paling melekat di ingatan masyarakat Indonesia. berlogo P unik dengan latar warna merah yang khas ini, memang sangat digandrungi sejak pertama diperkenalkan pada tahun 2010 lalu.

Path sendiri digemari masyarakat karena punya banyak fitur unik. Kelebihannya adalah intimasi jejaring, di mana Path membatasi jumlah teman online pada suatu akun. Di sana, kita bisa membagikan status, memperbarui lokasi, mengunggah foto, juga membagikan musik yang didengarkan atau film yang sedang disaksikan kepada teman-teman terdekat.

Namun sayangnya, meski sempat melebarkan sayap dengan memperbarui fitur-fitur dan memperluas jangkauan, Path yang pernah membuka kantor di Jakarta dan diakuisisi oleh perusahaan-perusahaan ternama, harus gagal bersaing dengan lain, terutama Instagram yang semakin merajalela dan resmi tutup 2018 lalu.

3. Foursquare

Hayo, siapa dulu yang sering check-in lokasi di Foursquare? Semakin banyak tempat yang kita check-in, semakin keren kita! Foursquare pertama dirilis pada 11 Maret 2009 atau satu dekade lalu. GPS bawaan yang ada di dalam smartphone membantu untuk mendeteksi lokasi pengguna di Foursquare.

Dengan Foursquare, kamu bisa terkoneksi dengan teman, meninggalkan ulasan, menemukan tempat menarik, mendapatkan lencana (badge) dan tentunya check-in pada lokasi yang kamu kunjungi. Namun, untuk saat ini pengguna Foursquare semakin menurun dibandingkan dengan tahun awal peluncurannya.

4. MySpace

Nasib MySpace tak setragis Friendster. Situs jejaring sosial yang ditemukan pada 1 Agustus 2003 ini masih bertahan sampai sekarang. Masa-masa kejayaan MySpace berkisar antara tahun 2005 sampai 2008. MySpace punya pengaruh signifikan pada budaya pop dan musik, khususnya bagi anak muda Amerika Serikat pada masa itu.

Seperti yang bisa ditebak, kedatangan raksasa Facebook ‘membunuh' media sosial lain, tak terkecuali MySpace. Penurunan pengguna aktif mulai terjadi sejak April 2018. MySpace ‘diselamatkan' dengan dibeli oleh Time Inc pada 11 Februari 2016, lalu perusahaan induk Time Inc dibeli oleh Meredith Corporation pada 31 Januari 2018.

5. Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger memang tidak termasuk kategori jejaring sosial, tetapi instant messaging. Namun, tidak sah rasanya kalau tidak menyebutkan Yahoo! Messenger dalam daftar. Mulanya, diluncurkan pada 9 Maret 1998 sebagai Yahoo! Pager dan berganti nama menjadi Yahoo! Messenger pada tahun 1999.

Fitur apa saja yang disediakan oleh Yahoo! Messenger? Antara lain menyediakan layanan transfer file, hosting webcam, layanan pesan teks dan ruang obrolan. Namun, setelah 20 tahun dirilis, Yahoo! Messenger akhirnya menutup layanannya pada 17 Juli 2018. Padahal, Yahoo! Messenger sudah berusaha sekuat tenaga untuk beradaptasi.

6. Ebuddy

Media sosial yang didirikan pada tahun 2003 ini mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan. Mendukung layanan YM, Google Talk, AIM, ICQ, Windows Live Messenger, Myspace, dan Facebook.

Untuk menggunakan Ebuddy lewat komputer, kita tidak perlu lagi repot mengunduh atau menginstal aplikasi apapun di komputer. Kalian hanya perlu terkoneksi dengan internet dan menggunakan web browser-nya untuk menjalankan Ebuddy.

7. Plurk

Sebelum semua mengenal Twitter, Plurk jadi mikro-blogging favorit banyak orang lho. Ciri khas dari Plurk adalah tampilan kronologis aktivitas dari penggunanya. Walau sudah tak pernah dipakai, Plurk masih ada lho sampai sekarang.

8. mIRC

Buat remaja yang berkembang di tahun 90-an, rasanya sulit untuk melupakan situs chatting andalan satu ini. Pertama kali naik ke permukaan pada tahun 1995, mIRC dapat disebut sebagai leluhur media sosial pencari jodoh dan atau pencari teman yang saat ini populer.

Keyword pamungkasnya adalah ASL, PLS; yakni suatu pembuka percakapan untuk menanyakan biodata singkat dari teman daring baru di layar seberang. Sayangnya, platform chatting lawas yang pernah diunduh sekitar 10 juta kali ini harus redup ditikung para pesaingnya yang menawarkan inovasi tambahan dan fitur lain yang lebih lengkap.

Demikianlah tadi informasi media sosial jadul yang pernah populer di tahun 2000'an. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here