Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorPasukan Kuning Beraksi, Bikin Cap Go Meh Kota Bogor Bersih

Pasukan Kuning Beraksi, Bikin Cap Go Meh Kota Bogor Bersih

Bogordaily.net–  Pasukan kuning beraksi. Para petugas kebersihan atau pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini dinilai memiliki peran penting dalam perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (BSF CGM) 2023 di Jalan Suryakencana, Minggu, 5 Februari 2023.

Ketua Panitia 2023, Arifin Himawan menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) . Selaku panitia, ia akan bekerja sama dengan DLH untuk membersihkan sampah yang ditimbulkan.

“Nanti akan melakukan penyisiran sampah dari Simpang 3 Batutulis turun ke Pasar Bogor. Diharapkan sampah yang sudah dikantongi pihak terkait bisa mengangkat ke dalam mobil supaya tidak terjadi penumpukan,” jelas Arifin.

Ia mengatakan pihak panitia juga telah menyiapkan sekira 20 orang petugas kebersihan yang akan bergerak menangani sampah. Mereka tersebar sepanjang Jalan Suryakencana saat perayaan berlangsung hingga selesai.

Arifin memperkirakan, puluhan ribu warga baik dari maupun luar Bogor, turut serta memeriahkan festival yang baru dibuka kembali untuk umum setelah dilanda pandemi dua tahun lalu. Hal itu menurutnya harus dipersiapkan sedemikian rupa, salah satunya mempersiapkan petugas kebersihan yang siaga penuh di lokasi

“Mereka akan menyisir area Suryakencana mulai dari Vihara Dhanagun hingga ke Simpang Tiga Batu Tulis. Kemudian turun kembali ke Pasar Bogor sehingga semuanya bersih kembali,” jelas Arifin.

Sebelumnya, Wali , Bima Arya memastikan kawasan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah akan bebas sampah seusai gelaran Bogor Street Festival Cap Go Meh (BSF CGM) 2023.

Menurutnya, Pemkot Bogor sudah memiliki sistem kebersihan yang dapat menjamin hal tersebut. Untuk itu nantinya sampah-sampah pasca Cap Go Meh, bukanlah persoalan yang serius.

“Saya pastikan beberapa jam setelah acara, situasi akan kembali normal. Saat tengah malam semua sudah bersih dan tidak perlu menunggu sampai pagi,” kata Bima

Orang nomor satu di tersebut menegaskan dirinya sudah mengintruksikan jajarannya untuk langsung bergerak cepat saat acara selesai. Hal itu merupakan komitmen bersama untuk tetap menjaga kebersihan usai acara berlangsung.

“Kami sudah beberapa kali rapat, saya arahkan agar tak perlu menunggu lama 1-2 jam saja sudah selesai,” tegas Bima.(Muhammad Irfan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here