Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorPuluhan Warga Tenjo Keracunan Usai Makan di Tempat Hajatan

Puluhan Warga Tenjo Keracunan Usai Makan di Tempat Hajatan

Bogordaily.net – Sebanyak 85 warga mengalami usai mengkonsumsi makanan milik warga yang sedang menggelar resepsi pernikahan di Kampung Asem RT 02/RW 04 Desa Babakan Kecamatan , kejadian Sabtu, 11 Februari 2023.

“Kronologinya ada warganya datang ke UGD Puskesmas untuk berobat dengan gejala mual, pusing, muntah dan lemas, setelah dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Medis Puskesmas , ternyata gejala makanan,” kata Camat Yudi Utomo kepada wartawan, Minggu, 12 Februari 2023.

Namun, ketika sedang melakukan pemeriksaan banyak keluarga dan warga lain datang mengeluhkan yang sama.

Lalu, korban mulai berdatangan. Ada 26 orang ditangani dan dilakukan koordinasi dengan Puskesmas Pasar Rebo serta Kepala Desa Babakan.

“Ternyata dari RT 02/04 Desa Babakan masih terdapat banyak warga yang mengalami hal serupa, sehingga warga ditangani petugas langsung di lokasi, karena di UGD Puskesmas sudah penuh 12 orang rawat inap dan lainnya berobat jalan,” jelasnya.

Bahkan, ia mengaku balai Desa Babakan menjadi alternatif menampung warga yang rawat inap setelah di lokasi dinyatakan harus rawat inap.

“Tidak hanya warga saja hampir semua keluarga pemangku hajat dan warga yang keracunan makanan dengan gejala serupa, setelah dari acara resepsi pernikahan,” kata Yudi.

Selain itu, petugas kesehatan dan kepolisian mengambil sisa makanan yang diduga berasal dari bahan jamur dan ikan tongkol.

“Keluarga pemangku hajat, tamu undangan, panitia hajat, tukang sound, tenda bahkan keluarga dari Cilegon juga terkena dampak, sehingga ditangani lebih lanjut secara khusus oleh Polsek dan Puskesmas ,” jelasnya.

Senada dikatakan Kepala desa Babakan Wadin membenarkan kejadian yang menimpa warganya, usai mengkonsumsi makanan di resepsi pernikahan salah satu warga.

“Jumlah korban ada 84 dan mayoritas ibu-ibu, dewasa dan anak-anak. Dan pemdes juga sampai sekarang masih membuka posko kesehatan,” kata Wadin.

Masih tahap penyelidikan jenis makanan apa saja yg menyebabkan keracunan.

Sementara, Kapolsek Iptu Suyadi mengungkapkan dari total 85 orang, dan masih ada beberapa warga yang dirawat sisanya sudah pulang.

“Info awal mereka mengkonsumsi soto, dan lainnya pada makanan di resepsi pernikahan warga sekitar,” kata Suyadi.

Bahkan untuk sample makanan sudah diambil oleh tim kesehatan Kab Bogor (Dinkes), yang nantinya bakal dicek terlebih dahulu kandungannya.

“Warga yang sudah pulang 70 lebih, sisanya masih dirawat di puskesmas setempat, posko kesehatan ada di desa dan puskesmas pasar rebo,” katanya.

Kondisi terakhir sampai laporan ini dibuat Minggu, 12 Februari 2023 05.00 WIB warga rawat inap 12 orang di UGD Puskesmas , 8 orang rawat inap di Balai Desa Babakan. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here