Monday, 29 April 2024
HomeHiburanSederet Manfaat Madu Untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Sederet Manfaat Madu Untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Bogordaily.net – Berikut ini sederet manfaat madu untuk merdakan . Madu untuk dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas satu tahun.

Madu berpotensi untuk meredakan dan meringankan gejala . Bahkan, Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan konsumsi madu untuk yang diiringi dengan gejala batuk.

Manfaat madu bagi  memang sudah tidak diragukan lagi. Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini berkhasiat dalam menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk, menjaga sistem pencernaan, hingga beragam manfaat lainnya.

Sejak dahulu, madu memang sudah termasyhur sebagai salah satu “obat” alami yang serba bisa. Madu pun sudah menjadi fokus kajian dalam berbagai studi dan riset dalam dunia medis.

Secara alami, madu mentah mengandung antiseptik yang disebut hidrogen peroksida. Kandungan hidrogen peroksida tersebut diyakini dapat memberikan efek antijamur dan antibakteri.

Efektivitas madu untuk melawan bakteri dan jamur akan bervariasi tergantung jenis yang Anda beli. Namun, konsumsi madu untuk tetap layak untuk dicoba.

Ada sejumlah riset yang mendukung potensi madu untuk . Misalnya, menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Molecule, madu mengantongi berbagai manfaat dan sifat yang berefek positif untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat madu untuk redakan tenggorokan :

  1. Sebagai Antioksidan

Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk fitokimia, flavonoid, dan asam askorbat. Antioksidan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan membersihkan radikal bebas.

2. Memiliki Efek Anti-Peradangan

Madu juga memiliki efek anti-peradangan yang dapat meredakan batuk.

3. Kemampuan untuk menangkal mikroba

Madu berperan sebagai antibakteri dan antijamur tanpa efek samping, juga mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Meredakan batuk akibat

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan keinginan untuk batuk. Selain itu, berbagai antioksidan pada madu juga bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

Ternyata khasiat madu ada banyak ya. Madu untuk layak dicoba nih karena mengantongi efek antiradang, antibakteri, antijamur, dan antivirus. Cukup campurkan madu ke segelas teh untuk bantu meredakan , selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here