Friday, 26 April 2024
HomeNasional10 Cara Sehat Mencegah Diabetes Ala Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta

10 Cara Sehat Mencegah Diabetes Ala Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta

Bogordaily.net – Berikut 10 cara sehat mencegah penyakit ala Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman, Jakarta. Penyakit gula atau ditandai dengan tingginya kadar gula darah.

Penyakit kronis ini terjadi pada saat tubuh tidak dapat memproses gula atau glukosa yang diperoleh dari makanan sebagai sumber energi utama bagi sel tubuh manusia sehingga, kadar glukosa dalam darah mengalami peningkatan.

“Gula atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun, pada penderita , glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta, dr. Felix Satwika, SpPD, FINASIM.

Penyakit ini terdapat dua tipe yang berbeda. Dua jenis itu antara lain adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 sendiri dialami mulai dari usia anak-anak hingga remaja, sedangkan diabetes tipe 2 kerap terjadi pada orang yang sudah berusia di atas 40 tahun.

Apabila tidak segera ditangani, diabetes akan sangat cepat menimbulkan dampak komplikasi bagi tubuh manusia. Oleh karenanya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta, dr. Felix Satwika, SpPD, FINASIM menyarankan, untuk melakukan pencegahan sedini mungkin.

dr. Felix Satwika juga membagikan beberapa langkah sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit gula atau diabetes, diantaranya yakni :

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Mengatur pola makan yang sehat adalah cara efektif untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Pastikan memilih makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan berimbang seperti, karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral.

Alangkah baiknya untuk menghindari makanan cepat saji yang tinggi lemak jenuh. Kemudian, makanan yang tinggi natrium hingga makanan yang terbuat dari pemanis buatan.

2. Melakukan Pengecekan Gula Darah Secara Berkala

Hal terpenting selain menerapkan pola makan sehat yaitu melakukan pengecekan gula darah secara berkala untuk mendeteksi dan mengetahui kondisi tubuh.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui potensi penyakit gula sedini mungkin dan bisa melakukan pencegahan lebih cepat sehingga, resiko penyakit dapat ditangani.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan ideal juga menjadi kunci untuk mencegah diabetes sebab, obesitas adalah salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit gula tersebut. Apabila kelebihan berat badan, sel-sel di dalam tubuh tidak akan merespon insulin dengan baik sehingga, menggangu metabolisme kerja tubuh.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin dapat dijadikan pilihan yang ampuh untuk mencegah diabetes sejak dini. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan glukosa ke otot sebagai cadangan energi.

Dengan meluangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk olahraga akan membantu menghindari resiko penyakit gula. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sel. Hal tersebut tentu akan menghindari resiko resistensi insulin.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Langkah sehat berikutnya untuk mencegah penyakit diabetes adalah menghentikan kebiasaan merokok. Walaupun aktivitas ini sangat sulit dilakukan bagi perokok aktif utamanya.

Merokok sendiri bisa menimbulkan banyak kondisi yang lebih serius selain diabetes. Maka dari itu, tidak ada cara lain untuk berhenti merokok secara perlahan demi tubuh.

6. Mempertahankan Kadar Vitamin D Secara Optimal

Vitamin D sangat penting untuk mengontrol gula darah. Mempertahankan kadar vitamin D secara optimal memungkinkan resiko diabetes yang lebih kecil. Sumber makanan yang baik untuk vitamin D yakni ikan berlemak dan minyak ikan cod.

Kemudian, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam darah yang memungkinkan pengembangan penyakit diabetes.

7. Mengelola Stres

Mengontrol pikiran agar tidak stres dipercaya dapat mempengaruhi tubuh yang lebih baik. Sebab, ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Mengelola stres bisa dilakukan dengan hal-hal positif yang membuat hati dan pikiran Anda senang. Oleh karena itu, mengelola stres sangat penting dalam menunjang tubuh.

8. Rajin Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih adalah hal paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes. Cara ini dapat meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh dalam merespon insulin dengan maksimal.

9. Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Pencegahan selanjutnya adalah menghindari konsumsi minuman beralkohol. Hal ini juga efektif dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit gula.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit diabetes. Maka dari itu, kuncinya adalah menghindarinya agar tubuh tetap sehat dan terpelihara.

10. Beristirahat dan Tidur yang Cukup

Saat tubuh kurang beristirahat, maka orang tersebut cenderung akan lebih beresiko mengalami obesitas yang akan mengakibatkan diabetes.

Jika hal tersebut tidak tercukupi, maka mekanisme tubuh juga akan terganggu sehingga akan semakin cepat resiko diabetes meningkat. Tidur yang cukup untuk orang dewasa sendiri pada umumnya antara 7-9 jam setiap harinya.

Nah itu dia sepuluh cara sehat mencegah diabetes ala Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta dari dr. Felix Satwika.

(Mutia Dheza Cantika)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here