Sunday, 28 April 2024
HomeHiburan6 Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan, Berikut Cara Mengatasinya

6 Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan, Berikut Cara Mengatasinya

Bogordaily.net – Kenali sakit leher sebelah kanan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ini mungkin terkait dengan ketegangan otot sederhana, atau kondisi yang lebih serius seperti kerusakan saraf atau cedera tulang belakang. Kira – kira karena apa ya sakit leher sebelah kanan?

Leher adalah salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terhadap ketegangan dan cedera. Rasa leher sebelah kanan sakit bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kondisi ini tidak selalu berbahaya dan parah.

Mengutip situs Healthline, leher bisa sembuh dengan sendirinya. Namun dalam kondisi kronis, Anda harus menemui dokter dan menjalani perawatan khusus seperti fisioterapi dan lain-lain.

Berikut Sakit Leher Sebelah Kanan

1. Posisi tidur yang buruk

Adalah umum untuk bangun dengan perasaan kaku atau sakit di bahu, punggung, atau leher.

Posisi tidur yang diadopsi orang, jumlah bantal yang mereka gunakan, dan kekencangan kasur semuanya dapat memengaruhi perasaan mereka saat bangun di pagi hari.

Tertidur dengan kurangnya dukungan untuk kepala atau leher tidak sejajar meningkatkan kemungkinan bangun dengan sakit leher.

2. Stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan (anxiety) bisa menyebabkan ketidaknyamanan di leher dan punggung Anda. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu timbulnya rasa leher kronis. Sebagai solusinya, Anda bisa mengurangi beban dan tingkat stres dengan berlibur atau menikmati waktu sendirian.

3. Otot Tegang

Kebanyakan, otot menjadi salah satu utama dari permasalahan sakit leher. Seorang Neurosurgeon dari Baptist Health Neoroscience Center, dr. Jobyna Whiting, M.D, menjelaskan, otot ini dapat terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang.

Misalnya, terlalu sering atau terlalu lama berada pada posisi yang sama ketika mengoperasikan laptop dan ponsel, dan sebagainya.

4. Hentakan yang Tiba-Tiba pada Area Leher
Kondisi ini juga disebut dengan whiplash. Gerakan secara tiba-tiba ini juga dapat menjadi sakit leher sebelah kanan. Whiplash atau gerakan tiba-tiba ini adalah bentuk cedera leher saat kepala tersentak maju, kemudian kembali lagi dengan gerakan yang sangat cepat.

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa whiplash disebabkan oleh rem mendadak ketika menyetir atau kecelakaan mendadak.

Padahal, whiplash juga dapat terjadi karena kegiatan olahraga atau reaksi sederhana seperti bersin.

5. Cedera Plexus Brachial

Dilansir dari Mayo Clinic, plexus brachial merupakan barisan kerja saraf yang mengirimkan sinyal mulai dari sumsum tulang belakang ke pundak, lengan, dan tangan.

Cedera plexus brachial ini dapat terjadi ketika saraf ini tak sengaja tertarik atau pada kasus yang serius pecah atau sobek dari saraf sum-sum tulang belakang.

Biasanya, hal ini disebabkan karena kecelakaan atau cedera olahraga yang menyebabkan trauma hebat pada tubuh. Cedera pada area ini bisa menyebabkan sakit leher sebelah kanan.

6. Masalah Degeneratif

Ada beberapa masalah degeneratif akibat penuaan atau masalah kesehatan lain yang berkaitan dengan sendi, tulang belakang, otot, dan bagian lain dari leher yang bisa memicu rasa nyeri.

Terkadang, rasa sakitnya bisa menjalar ke area tangan. Ouch!

Beberapa masalah itu biasanya adalah radang sendi, radang saraf atau sendi, saraf kejepit, dan fraktur servikal.

Fraktur servikal adalah kondisi ortopedis ketika serviks tulang belakang patah atau bergeser karena trauma seperti kecelakaan motor atau cedera olahraga berdampak tinggi.

Jika saat ini Moms dan Dads sedang mengalami kondisi ini, maka cobalah melakukan beberapa cara ini:

1.Kompres Dingin dan Hangat
Saat baru saja terjadi sakit leher sebelah kanan, berikan kompres dingin pada leher untuk meredakan peradangan pada area ini.

Bungkuslah es batu dengan handuk bersih, letakkan sambil sedikit memberi penekanan pada area leher yang sakit. Lakukan selama kurang lebih 20 menit.

Esok harinya, berikan kompres dingin dan hangat secara bergantian dengan handuk bersih. Lakukan selama kurang lebih 20 menit, sehari tiga kali.

2.Minum Obat-Obatan

Sakit leher sebelah kanan juga bisa diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas mengandung ibuprofen, naproxen sodium, dan acetaminophen.

3. Lakukan Latihan Peregangan

Peregangan otot juga bisa membantu mengatasi nyeri, pegal, dan kaku di area leher. Tak ada salahnya juga melakukan gerakan ringan peregangan otot setiap hari untuk menghindari sakit leher sebelah kanan dan sakit leher sebelah kiri.

4. Pijatan

Pemijatan pada leher bisa dilakukan untuk membantu mengurangi ketegangan otot. Meski demikian, pastikan terapis pijat yang menangani Moms dan Dads adalah terapis terlatih.

Itulah tadi sakit leher sebelah kanan dan cara mengatasinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here