Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorBEM UIKA Bogor Gelar Seminar Nasional Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan

BEM UIKA Bogor Gelar Seminar Nasional Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan

Bogordaily.net – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Ibn Khaldun () Bogor menggelar nasional ekonomi kreatif dan kewirausahaan di Aula Prof Abdullah Siddiq, , Kamis 09 Maret 2023.

ini bertemakan “Ekonomi Kreatif dan Entrepreneur di Era 5.0,” dan diikuti para Mahasiswa dan juga para tamu undangan lainya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan selamat atas terselenggaranya Fest kewirausahaan 2023.

“Generasi muda yang berkualitas ini akan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di era society 5.0,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam sambutan virtualnya, Kamis 9 Maret 2023.

Kata dia, peluang besar ini harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan bersama melalui kewirausahaan dan juga UMKM. Salah satunya di lingkungan kampus .

“Sebagai salah satu pilar pertumbuhan ekonomi dengan semangat persatuan dan kesatuan, para pemuda Indonesia bersama Universitas Ibn Khaldun Bogor, majukan sektor parekraf Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya, ketua pelaksana nasional ekonomi kreatif dan kewirausahaan, Dodi Cahyadi mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran panitia yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan acara dengan baik, dan memastikan berjalannya acara dengan lancar.

“Kami juga turut berterima kasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka,” kata Dody Cahyadi dalam sambutanya, Kamis 9 Maret 2023.

Ia juga turut mengapresiasi kepada seluruh peserta yang telah hadir dan memberikan dukungan penuh dalam acara ini.

Baca Juga: Anggie Jesey, Istri Wahyu Kenzo yang Diburu Netizen

Dia berharap kegiatan seminar dapat memberikan inspirasi bagi para Mahasiswa .

“Semoga acara seminar nasional ekonomi kreatif dan kewirausahaan dengan tema “Ekonomi Kreatif dan Entrepreneur di era 5.0″ ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para peserta,” ujarnya.

Sementara itu, dalam penyampaianya materi seminar ekonomi kreatif, Ponco Pamungkas selaku Wakil ketua Bidang Ekonomi Kreatif Kadin Kota Bogor menjelaskan bahwa, untuk memahami ekonomi kreatif, dapat merujuk pada definisi yang dirumuskan di dalam Undang Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

“Ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan atau teknologi.” kata Ponco Pamungkas.

Kata dia, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019 menambahkan menjadi 17 jenis usaha yang tergolong sebagai ekonomi kreatif.

Di antaranya desain komunikasi visual, arsitektur, fotografi, aplikasi, penerbitan dan periklanan.

“Kuliner dan fashion juga termasuk diantaranya, dan di kedua subsektor ini banyak pelakunya adalah pengelola UMKM, sehingga dari kedua subsektor inilah sering muncul persepsi bahwa UMKM identik dengan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Saat ini diketahui ekonomi kreatif saat ini sedang didorong untuk terus berkembang di seluruh wilayah di Indonesia. Hal itu diperlukan karena kegiatan ekonomi kreatif dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here