Thursday, 25 July 2024
HomeKabupaten BogorBerikut Info Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini, Cek di Sini!

Berikut Info Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini, Cek di Sini!

Bogordaily.net – Info buka tutup akan diterapkan jelang akhir pekan. Info tersebut perlu diperhatikan agar, pengguna jalan dapat melintasi kawasan pada hari ini, Sabtu, 25 Maret 2023

Kawasan Puncak menjadi salah satu wilayah yang kerap dikunjungi wisatawan saat pekan liburan tiba. Pengguna kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek tentunya akan melintasi area jika ingin sampai ke lokasi wisata di Puncak.

Lokasi Simpang Gadog sendiri biasanya merupakan, titik penerapan buka tutup . Kemudian, titik lainnya yakni, Simpang Taman Safari, Simpang Gunung Mas dan Ciloto.

Maka dari itu, pemberlakuan jadwal buka tutup di dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas yang sering kali terjadi.

Dalam hal ini, skema Ganjil Genap (Gage) dan one way (satu arah) mulai berlaku untuk merekayasa lalu lintas di kawasan Puncak itu.

Info dan Jadwal Buka Tutup Hari Ini

Berikut penerapan jadwal one way di kawasan Puncak, :

  • Pukul 06.00 WIB sampai 11.30 WIB one way ke atas atau arah Jakarta menuju Puncak
  • Pukul 11.30 WIB sampai 12.30 WIB normal kedua arah
  • Pukul 12.30 WIB sampai 16.00 WIB one way ke bawah atau arah Puncak menuju Jakarta
  • Pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB normal kedua arah
  • Pukul 18.00 WIB sampai 22.00 WIB one way ke bawah atau arah Puncak menuju Jakarta

Rekayasa Ganjil Genap ini sendiri sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor PM 84 Tahun 2021. Pemberlakuan tersebut akan dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 23.59 WIB.

Jadwal ganjil genap sendiri disesuaikan dengan tanggal kalender yang berlaku hari ini mengikuti angka tanggal ganjil atau genap. Sesuai tanggal, kendaraan ber plat ganjil dapat memasuki area Puncak, pada hari ini.

Namun sebaliknya, untuk kendaraan berakhiran plat genap tidak diperkenankan untuk masuk ke kawasan Puncak. Pihak kepolisian secara otomatis akan mengarahkan kendaraan, untuk melakukan putar balik menuju Jakarta atau Kota Bogor.

Baca juga : Mau Ngabuburit ke Puncak, Cek Dulu Jadwal Ganjil Genap Mulai Hari Ini

Pemberlakuan Gage tersebut berlaku untuk kendaraan roda dua maupun empat yang akan melintasi jalan raya Puncak, Bogor. Maka dari itu, dengan adanya kebijakan ini diharapkan bagi pengguna jalan memastikan jadwal buka tutup di .

Apabila Anda tetap ingin menuju Puncak, Bogor disarankan untuk menyiapkan rute alternatif lainnya supaya dapat menuju lokasi yang akan dituju.

Sebagai informasi tambahan, jadwal buka tutup Puncak dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi lalu lintas yang terjadi di kawasan tersebut. (Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here