Wednesday, 19 June 2024
HomeNasionalDepo Pertamina Plumpang Bakal Dipindah, Ini Lokasi Barunya

Depo Pertamina Plumpang Bakal Dipindah, Ini Lokasi Barunya

Bogordaily.net–  Depo Plumpang akan dipindah menyusul yang terjadi Jumat, 3 Maret 2023 lalu. Lokasi terbarunya di lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemerintah dan PT (Persero) sepakat untuk memindahkan Terminal atau Depo Bahan Bakar Minyak (BBM) Plumpang, Jakarta Utara ke Tanah Pelindo.

“Kami juga sudah merapatkan bahwa kilang (Terminal BBM Plumpang) akan kita pindah ke Tanah Pelindo,” ujar Erick Thohir usai rapat dengan Direktur Utama , Senin, 6 Maret 2023 dikutip dari CNBC Indonesia.

Ia menjelaskan, relokasi ke Tanah Pelindo diperkirakan baru siap dilakukan pada akhir 2024. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembangunan selama sekitar 2 hingga 2,5 tahun. Sehingga butuh waktu sekitar 3,5 tahun untuk relokasi Terminal BBM Plumpang ke Tanah Pelindo.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Depo Plumpang Apa? Ini Kata Kapolri

“Kami memastikan dan kami mengingkan dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat, karena ini bagian dari perlindungan masyarakat yang didorong oleh Bapak Presiden dan kami meyakini ini hal yang penting,” jelasnya,

Tak hanya itu pemerintah dan juga sepakat membuat zona aman atau buffer zone baik di Terminal BBM Plumpang maupun di terminal BBM dan kilang minyak lainnya. Spesifik untuk Terminal BBM Plumpang, kata Erick buffer zone berjarak 50 meter dari tutup pagar area terminal atau kilang BBM.

“Ini menjadi solusi bersama yang kita harapkan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat. Keamanan jadi prioritas kita,” imbuhnya.

Di sisi lain, Erick mengapresiasi PT Pertamina (Persero) dan juga PT Pertamina Patra Niaga yang bergerak cepat menangani dampak yang melanda kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang.

Sebelumya diberitakan diberitakan Depo Pertamina Plumpang di Kecamatan Koja, Jakarta Utara hingga mengakibatkan membuat pemukiman warga di Jalan Tanah Merah Bawah, RT 12 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja ikut dilalap api.

Insiden pipa bahan bakar minyak terjadi sekitar pukul 20.16 WIB, Jumat, 3 Maret 2023. Jumlah korban meninggal dunia akibat Depo Pertamina Plumpang mencapai 19 orang dan puluhan lainnya luka-luka.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here