Monday, 17 June 2024
HomeNasionalHari Ini, Ayah Mario Dandy Diperiksa KPK Soal Harta Rp56 M

Hari Ini, Ayah Mario Dandy Diperiksa KPK Soal Harta Rp56 M

Bogordaily.net – Ayah yang merupakan pejabat Ditjen Pajak, akan diminta klarifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait harta senilai Rp56 miliar, pada Rabu 1 Maret 2023.

“KPK menjadwalkan pemanggilan mantan, Surat (permintaan klarifikasi) sudah diterima yang bersangkutan,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dikutip dari PMJ.

Kendati begitu, Ali menyatakan belum ada konfirmasi dari pihak Rafael soal hadir atau tidak hari ini. KPK juga belum menjelaskan secara rinci soal pemeriksaan terhadap ayah Satrio.

“Belum (ada konfirmasi kehadiran atau tidak hadir),” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, tim penyidik Komisi Pemberantasam Korupsi (KPK) berencana siap memanggil ayah Satrio, hari ini.

Pemanggilan mantan Pejabat Ditjen Pajak itu untuk mengklarifikasi jumlah hartanya yang tercatat di LHKPN.

“Rabu yang bersangkutan rencana diundang klarifikasi,” tutur Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan.

Baca juga : Apa Instagram Angelina Embun Prasasya? Ini Biodata Kakak Mario Dandy Satrio

Sebelum menjabat di posisi sekarang pun, ayah empat menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Banyuwangi.

Kasus penganiayaan yang dilakukan kepada David membuat nama banyak dicari warganet.

Viralnya kasus Mario Dandy Satriyo ini, membuat publik langsung menyoroti yang diketahui merupakan seorang pejabat tinggi.

Mengingat sang anak kerap memamerkan kendaraan mewah seperti Rubicon dan Moge di media sosial, publik pasti bertanya-tanya soal seberapa kaya Rafael ini.

Jumlah H Kekayaan Ayah Mario Dandy

Melansir dari CNN Indonesia, berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkan Rafael, hartanya pada 2011 hanya Rp20,49 miliar. Saat itu, ia menjabat sebagai Kepala bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan di Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I.

Rincian  Rafael terdiri dari Rp16,42 miliar dalam bentuk tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah seperti Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Sleman, hingga Manado. Sembilan dari sepuluh asetnya tersebut terdiri dari tanah dengan bangunan di atasnya

Tanah dan bangunan yang memiliki nilai paling besar berada di Jakarta Selatan berupa tanah seluas 766 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 559 meter persegi. Nilai aset tersebut menyentuh Rp6,44 miliar.

Alat transportasi yang dilaporkan Rafael pada 2011 adalah Honda CR-V keluaran 2007 dengan nilai jual Rp200 juta dan Toyota Camry tahun pembuatan 2008 senilai Rp250 juta.

Sementara itu,  bergerak lainnya tercatat di angka Rp420 juta, surat berharga senilai Rp1,51 miliar, serta giro dan setara kas sebesar Rp684 juta. Rafael tercatat tidak memiliki utang.

Baca juga : Ibu Mario Dandy Siapa? Ini Sosok Istri Rafael Alun Trisambodo

Rafael melaporkan  terakhir kali pada 31 Desember 2021. Dalam kurun waktu 11 tahun, hartanya tembus Rp56,10 miliar dan Rafael tetap tidak mempunyai utang sama sekali.

Secara rinci, harta berbentuk tanah dan bangunan milik Rafael saat ini mencapai Rp51,93 miliar, tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Sleman, dan Manado.

Tanah dan bangunan yang memiliki nilai paling besar berada di Jakarta Barat berupa tanah seluas 766 meter persegi, dengan luas bangunan 599 meter persegi. Harta ini senilai dengan Rp21,91 miliar. Kemudian, diikuti tanah seluas 324 meter persegi di Jakarta Selatan senilai Rp13,55 miliar.

Dari 11 daftar tanah dan bangunan yang didaftarkan, empat di antaranya hanya berbentuk tanah. Sementara itu, sisanya terdapat bangunan di atas tanah tersebut.

Itulah tadi informasi harta kekayaan  .***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here