Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaHasil Sidang Isbat 1 Ramadan 2023 dan Penetapan Awal Puasa

Hasil Sidang Isbat 1 Ramadan 2023 dan Penetapan Awal Puasa

Bogordaily.net 1 2023 dilakukan Kementerian Agama hari ini, Rabu 22 Maret 2023 pukul 18.15 WIB di Kantor , Jakarta Pusat jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sidang Isbat diikuti oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), duta besar negara-negara luar negeri, hingga ormas Islam.

Sidang Isbat memutuskan awal berdasarkan hasil perhitungan astronomis (hisab) dan hasil pemantauan lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Keputusan itu dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Rabu, 22 Maret 2023 malam.

Baca juga : Ini Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadan, Lengkap dengan Artinya

“Tadi kita sepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadhan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis Tanggal 23 Maret 2023 Masehi,” ujar Yaqut membacakan keputusan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

telah mengamati posisi hilal atau rukyatul hilal 1 1444 H di 124 titik di seluruh provinsi di Indonesia. Pemantau hilal itu berasal dari petugas Kanwil yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

“Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk, dan telah memenuhi kriteria,” kata Yaqut.

Sidang digelar setelah dilakukan seminar pemaparan pemantauan posisi hilal. Ada 124 titik lokasi pemantauan hilal.

Pemaparan posisi hilal dilakukan oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Asadurrahman. Dia mengatakan ketinggian posisi hilal telah memenuhi kriteria.

“Dari segi ketinggian sudah memenuhi kriteria. Kemudian dari segi elongasi kita lihat mulai 7-19. Tampaknya dari segi ketinggian dan elongasi tampaknya hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadannya, salat Tarawihnya malam ini dan akan ibadah mulai fajar besok,” kata Asadurrahman dalam seminar pemantauan posisi hilal di kantor Kemenag.

Demikianlah 1 2023 yang jatuh pada besok Kamis, 23 Maret 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here