Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorJelang Pilkades Serentak, 130 Calon Kepala Desa di Kabupaten Bogor Deklarasi Damai

Jelang Pilkades Serentak, 130 Calon Kepala Desa di Kabupaten Bogor Deklarasi Damai

Bogordaily.net – Menjelang Pemilihan Kepala Desa () serentak di Kabupaten Bogor, 130 Calon Kepala Desa (Cakades) mengikuti di Gedung Tegar Beriman, Kamis 9 Maret 2023.

itu sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2023 secara serentak di 27 Kecamatan dan 36 Desa.

“Yang hadir hari ini 130 calon kepala desa untuk 36 desa yang akan melaksanakan di 27 kecamatan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa () Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah.

Renaldi mengatakan, acara ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan, untuk menciptakan keadaan yang terarah pada kontestasi nanti.

“ itu upaya membuat suasana sejuk di wilayah Kabupaten Bogor khususnya mereka yang akan melaksanakan pilkades,” ujar Renaldi Yushab Fiansyah.

Dalam menjaga suasana damai tersebut, pihaknya juga telah membuat skema pelaksanaan di Kabupaten Bogor itu di 626 Tempat Pemungutan Suara (TPS)

“Ini diawali jam 07.00 WIB pembukaan oleh panitia di 626 TPS secara serentak. Salah satu upaya menjaga kondusifitas adalah sesuai dengan surat edaran menteri dalam negeri kita memecah maksimal 500 hak pilih pada setiap TPS,” kata Renaldi.

Pembatasan hak pilih di setiap TPS itu adalah bentuk pengaplikasian terhadap protokol kesehatan Covid-19. Sehingga, tidak terjadi kerumunan saat pelaksanaan kontestasi tersebut.

Baca juga: Korban Kebakaran Depo Plumpang, Disambut Isak Tangis Keluarga di Kota Bogor

“Kita tetap menganut prokes. Jadi kerumunan ya kita batasi dan kementerian dalam negeri mempunyai kewenangan setiap daerah yang ingin melakukan pilkades harus memenuhi tahapan itu, harus mengikuti ketentuan-ketentuan itu,” paparnya kepada Bogordaily.net.

Selanjutnya, ia mengaku, para calon yang gagal dalam pendaftaran dipastikan ada syarat yang tidak dipenuhi secara nilai yang membuat perhitungannya berkurang.

“Yang otomatis gagal mungkin saat melakukan seleksi secara nilai atau skoring persyaratan tidak seperti kepada lima teratas. Jadi mereka secara perhitungan tidak masuk,” tungkas dia.

Dia menjelaskan bahwa sengketa pada rangkaian pendaftaran calon kepala desa juga sudah selesai.

Menurutnya, dalam rangkaian pendaftaran Pilkades, ada beberapa bakal calon kepala desa yang tidak menerima keputusan panitia.***

Mutia Dheza Cantika

Caption
Kegiatan 130 Calon Kepala Desa di Gedung Tegar Beriman, Kamis 9 Maret 2023. (Mutia/Bogordaily.net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here