Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorJelang Puasa, DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab Bogor Antisipasi Penimbunan Komoditi

Jelang Puasa, DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab Bogor Antisipasi Penimbunan Komoditi

Bogordaily.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) , meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengantisipasi penimbunan berbagai menjelang bulan Ramdan, yang akan berdampak kepada kenaikan di .

Ketua DPRD Rudy Susmanto mengatakan, kenaikan harga bahan pokok ini akan sangat memberatkan masyarakat jika tidak diantisipasi. Sebab, kata dia, banyak masyarakat di kini masih dalam tahap pemulihan usai menghadapi pandemi covid-19 selama dua tahun kebelakang.

“Saya berharap energi dan sinergi yang dilakukan pemerintah titik berat fokusnya pada masalah ketersediaan, keamanan, dan harga sembako itu agar bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Rudy Susmanto.

Ia menyebut, juga harus memastikan tidak ada penimbunan serta memastikan pula ketersediaan bahan pokok aman di pasar modern dan tradisional yang tersebar di di samping menjaga harganya tetap dalam keadaan stabil.

Selain itu, menurutnya yang perlu diperhatikan adalah waktu kadaluarsa produk yang diperjual-belikan di pasaran untuk mematiskan kelayakannya saat dikonsumsi oleh masyarakat.

“Pasokannya harus cukup menjelang puasa. Harganya juga terjangkau dan produknya juga aman untuk dikonsumsi,” papar Rudy.

Disamping itu, dirinya meminta supaya ada peringatan tegas terkait produk yang seharusnya tidak layak untuk dikonsumsi supaya, tak ada pihak lain yang merasa dirugikan.

“Saya minta ada imbauan dan tindakan yang tegas agar hal tersebut tidak terjadi dan masyarakat kita bisa mendapatkan produk layak konsumsi,” pinta dia.

Dalam kondisi tingginya permintaan, kata dia, sangat dimungkinkan ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan tanpa mengindahkan kesehatan masyarakat.

“Masuknya produk-produk yang habis masa layak konsumsinya harus dihindari. Jangan sampai ada pihak yang mengambil keuntungan tanpa melihat sisi kesehatan,” jelasnya memberikan keterangan.

Maka dari itu, ia berharap, agar seluruh elemen masyarakat mampu menjaga kondusifitas di tengah bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan dilaksanakan. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here