Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalKapolri Sambangi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Kapolri Sambangi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Bogordaily.net – Kapolri Jenderal mengunjungi dan memberikan penguatan mental kepada korban , Jakarta Utara, Senin 6 Maet 2023. Selain itu, Polri juga berusaha terus memenuhi kebutuhan para pengungsi.

“Setelah pengecekan lokasi terjadinya , saya melihat ke lokasi pengungsian,” tulis Sigit melalui laman Instagram pribadinya @ListyoSigitPrabowo.

“(Kemudian) yang kemudian dilanjutkan menuju RS Polri Kramat Jati untuk menjenguk masyarakat yang menjadi korban peristiwa tersebut,” sambungnya.

Dalam beberapa foto yang diunggahnya, Kapolri tampak berbincang dengan pengungsi dan pasien korban Depo Plumpang.

Kapolri Sigit juga menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan keperluan pengungsi seperti makanan dan obat-obatan. Bahkan Polri mendirikan pos trauma healing untuk memulihkan kesehatan mental pengungsi.

“Sedangkan di RSB Kramat Jati sedang dilakukan identifikasi korban dengan menggunakan tiga metode untuk mengungkap identitas jenazah, yakni melalui DNA, gigi dan sidik jari,” tuturnya.

Baca juga : Update Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: Korban Tewas 17 Orang, 8 Masih Hilang

Diberitakan sebelumnya, Rumah Sakit (RS) Polri mengungkapkan tim forensik telah mengidentifikasi tiga jenazah korban , Jakarta Utara, melalui sidik jari.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri, Brigjen Pol Hariyanto mengatakan pihaknya telah menerima 16 kantong jenazah. Tiga sudah teridentifikasi, sedangkan sisanya akan dilakukan identifikasi melalui DNA.

“Yang lain-lain sudah tidak memungkinkan lagi untuk kita identifikasi dengan sidik jari, kita mengandalkan gigi, kemudian properti, kemudian medis dan DNA,” jelas Hariyanto di RS Polri.

Hingga Sabtu, 4 Maret 2023, jumlah korban meninggal dunia akibat Depo Plumpang mencapai 17 orang dan korban luka-luka dilaporkan mencapai 50 orang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pihaknya bersama Kodam Jaya akan mendirikan posko darurat bagi korban. Hal ini disampaikan Fadil saat meninjau langsung lokasi  bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

“Sudah disampaikan tadi sama Pangdam kita buat posko,” kata Fadil di lokasi kejadian, Jumat, 3 Maret 2023 malam seperti dikutip dari Suara.com.

Fadil menjelaskan didirikannya posko ini untuk menampung para korban yang terdampak. Di samping itu juga untuk mempermudah konsolidasi antar personel dan tim SAR gabungan.

“Sama-sama memberikan pertolongan untuk konsolidasi personel dan sebagainya,” sambungnya.

Para korban telah dievakuasi ke RS Pelabuhan, RSUD Koja, dan RS Mulya Sari.

Sementara itu delapan orang berada dalam status hilang saat terjadi peristiwa pipa bahan bakar minyak di Depo Plumpang.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here