Saturday, 27 April 2024
HomeHiburanKesiangan, Ini 6 Tips Aman Jalankan Ibadah Puasa Tanpa Sahur

Kesiangan, Ini 6 Tips Aman Jalankan Ibadah Puasa Tanpa Sahur

Bogordaily.net – Berikut ini enam jalankan puasa tanpa . Meski merupakan aktivitas penting dalam menjalankan ibadah puasa. Namun terkadang, kita suka kesiangan saat akan melaksanakan dan akibatnya Anda menjalankan ibdah puasa tanpa .

Dalam tradisi Islam, dianggap dapat membawa berkah dan manfaat, salah satunya memberi kekuatan bagi orang yang berpuasa agar bisa menyelesaikan puasanya hingga magrib.

Apalagi Rasulullah SAW menganjurkan bagi umat Muslim yang akan berpuasa untuk menyantap , seperti hadis berikut dikutip dari NU Online.

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya, “Dari Abu Sa'id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘ sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bersalawat untuk mereka yang bersahur'” (HR Ahmad).

Berikut agar Anda tetap lancar menjalankan ibadah puasa, meski tanpa sahur :

1. Mantapkan niat

Niat adalah awal dari segalanya. Jika kamu sudah berniat kuat untuk puasa, melewatkan sahur bukanlah alasan untuk meninggalkannya. Dengan niat yang kuat, kamu akan mengesampingkan rasa ingin membatalkan puasa.

2. Hindari pekerjaan berat

Pekerjaan berat bisa menguras banyak energi. Saat menjalankan puasa tanpa makan sahur, tubuh bisa memiliki simpanan energi yang rendah.

Ini sebabnya, sebisa mungkin hindari pekerjaan berat. Namun, menghindari pekerjaan berat, bukan berarti bisa bermalas-malasan, ya. Kamu bisa tetap produktif dengan melakukan pekerjaan ringan.

Bila memang harus melakukan pekerjaan berat, usahakan angsung istirahat setelahnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Mencari kesibukan

Mencari kesibukan bisa mengisi waktu hingga menjelang berbuka. Kesibukan disini akan lebih baik bila kamu sibuk dalam beribadah dan beramal kepada Allah SWT.

Kamu juga bisa mencari kesibukan lainnya untuk membuat waktu berpuasa semakin tidak terasa. Kamu bisa membaca buku, menulis, bermain game, atau aktivitas lainnya yang kamu sukai agar tubuh tetap segar dan tidak bosan.

4. Tidur siang

Untuk membuat waktu puasa tidak terasa, kamu bisa mencoba tidur siang. Hal ini berguna agar kamu tidak terlalu memikirkan tentang rasa lapar dan haus karena tidak melaksanakan makan sahur sebelumnya.

Tidur siang selama 30 menit di bulan puasa akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Dengan tidur siang di bulan puasa, tubuh bisa menghemat energi sehingga puasa tidak terasa berat.

Namun, tidur siang juga tidak boleh berlebihan. Tidur berlebihan justru akan membuat badan jadi lemas setelah bangun.

5. Mandi air dingin

Mandi air dingin bisa membantu menyegarkan tubuh. Mandi menggunakan air dingin sudah terbukti membuat tubuh menjadi lebih segar dan tak mudah lemas.

Tidak hanya di pagi hari, kamu juga bisa menambah jadwal mandi pada siang hari atau sore hari bila kamu tinggal di daerah yang panas.

Air dingin untuk mandi karena dapat menyegarkan tubuh yang mungkin sudah lemas saat berpuasa karena tidak sempat sahur sebelumnya.

6. Hindari tempat panas

Dikarenakan tak menyantap sahur, tubuhmu akan kehilangan banyak asupan air selama puasa. Hasilnya, kamu akan lebih cepat dehidrasi dan merasa lemah. Sebagai solusi, hindarilah tempat-tempat yang panas. Sebab, tempat-tempat tersebut dapat membuatmu dengan cepat kehilangan cairan dan akhirnya dehidrasi.

Sebisa mungkin cari tempat indoor dengan suhu yang cukup sejuk. Dengan itu, kamu takkan haus dan badan akan tetap bugar.

Itulah tadi enam jalankan ibadah puasa Ramadan tanpa sahur. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here