Thursday, 25 April 2024
HomePolitikKPU Kota Bogor Tunggu Keputusan MK Terkait Sistem Proporsional Tertutup atau Terbuka

KPU Kota Bogor Tunggu Keputusan MK Terkait Sistem Proporsional Tertutup atau Terbuka

Bogordaily.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menyatakan siap melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Meski masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan gugatan sistem proporsional tertutup atau terbuka.

“Kami siap, terbuka ataupun tertutup, karena kita semua harus menghormati MK sebagai lembaga yang berhak mengeluarkan keputusan atas gugatan tersebut,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Samsudin, Kamis 30 Maret 2023.

Samsudin menuturkan, karena gugatan persoalannya masih dibahas di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurutnya, agar MK memegang teguh sikap kenegarawanannya dalam memutuskan gugatan.

“Dengan sikap kenegarawanan MK, untuk kepentingan bangsa dan negara. Kita tunggu keputusan dari MK tersebut. Dan , siap menerima apapun keputusan dari Mahkamah Konstitusi,” ujarnya.

Baca Juga: Aksi Heroik Personil Satlantas Polresta Bogor Kota Bantu Korban Kecelakaan

Ada pihak yang berharap MK mendengarkan pertimbangan dari berbagai elemen yang tetap ingin mempertahankan sistem pemilu proporsional terbuka.

Namun, di sisi lain ada pula pihak yang berharap sistemnya proporsional tertutup, karena tidak mengganggu jadwal pelaksanaan pemilu itu sendiri.

Berdasar catatan sesuai konstitusi, sistem proporsional terbuka itu lebih populer dan berlaku sesuai undang-undang pemilu, di mana dinyatakan pemilu dilaksanakan 5 tahun sekali.

Sistem proporsional terbuka tersebut, justru memberikan ruang bagi seluruh unsur masyarakat untuk maju dalam pemilihan legislatif (pileg). Dan semua juga berharap bahwa dengan keputusan proporsional terbuka.

“Mudah-mudahan itu akan lebih memberikan kesempatan kepada seluruh unsur golongan masyarakat untuk mencalonkan diri berkiprah di legislatif melalui partai-partai politik yang ada,” katanya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here