Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaNiat Salat Tarawih Lengkap Berjamaah dan Sendiri  

Niat Salat Tarawih Lengkap Berjamaah dan Sendiri  

Bogordaily.net–   salat berikut ini dibaca saat melaksanakan salat sunnah pada malam hari pada bulan Ramadan. Salat dilaksanakan pada malam hari selepas salat Isya dan sebelum salat witir. Salat sunnah ini khusus hanya ada pada bulan Ramadan.

Dilansir dari NU Online, salat sunnah ini dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Meski demikian, salat juga boleh dilaksanakan sendirian.

Untuk jumlah rakaat salat sebagaimana pendapat mayoritas mazhab Syafi'i adalah sebanyak 20 rakaat dengan sepuluh kali salam. Artinya sekali shalat dilakukan dengan dua rakaat.

Hal itu berdasarkan hadits Rasulullah SAW riwayat al-Baihaqi melalui jalur Ibnu Abbas yang artinya, “Sungguh Nabi Muhammad SAW melakukan shalat di bulan Ramadan tanpa berjamaah sebanyak dua puluh rakaat dan (ditambah) shalat witir.”

Shalat memiliki keutamaan yang amat besar mengingat amalan ini tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW selama hidupnya dan diteruskan oleh para sahabat dan umat Muslim setelahnya,

Shalat tarawih tidak hanya sebatas amaliah sunnah yang hanya dikhususkan untuk Rasulullah SAW, tetapi juga untuk umatnya. Rasulullah SAW juga menginginkan pahala luar biasa dari salat tarawih bagi umatnya.

Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa melakukan salat (Tarawih) pada Ramadan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta'âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Berikut bacaan shalat tarawih lengkap secara berjamaah ataupun sendirian.

salat tarawih

salat tarawih dibaca ketika menjadi imam, ma'mum, ataupun salat sendirian.

Sebagai imam: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā'an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

Sebagai ma'mum: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā'an ma'mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Salat sendirian: Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā'an lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembah yang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah swt.”

Itulah salat tarawih lengkap baik secara berjamaah maupun sendirian.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here