Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorPemkot Bogor Minta Masjid Sediakan Takjil dan Makan Sahur Selama Ramadan

Pemkot Bogor Minta Masjid Sediakan Takjil dan Makan Sahur Selama Ramadan

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meminta agar -masjid menyediakan dan makanan untuk santap sahur selama bulan suci ramadan 1444 Hijriyah.

Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor, Alma Wiranta mengatakan, hal tersebut sudah tertuang dalam surat edaran Nomor : 300 / 1398 – Huk.

Isi surat edaran tersebut salah satunya, bagi masjid yang berada di bawah pengelolaan untuk dapat menyediakan dan bagi umat muslim yang berpuasa selama bulan suci Ramadan 1444 H, khususnya bagi musafir dan kaum dhuafa.

“Bagi warga Kota Bogor yang ingin berpartisipasi dalam menyediakan dan bagi umat Muslim yang berpuasa selama Bulan Suci Ramadan 1444 H dapat berkoordinasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor,” kata Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor, Alma Wiranta.

Baca juga : Sahur On The Road Dilarang di Kota Bogor!

Selain itu, kata Alma, dalam surat edaran yang dikeluarkan, ada beberapa point lainnya. Yaitu pemilik usaha tempat hiburan malam, seperti karaoke, arena bernyanyi atau sejenisnya, panti pijat dan sejenisnya untuk tidak beroperasi selama bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah 2023. Demi menghormati umat Islam dalam menjalankan ibadah .

Kemudian, dilarang memproduksi atau menjual, dan menyalakan petasan selama bulan Bulan Suci Ramadan dan pada malam Takbiran Idul Fitri 1444 H /2023.

Selanjutnya, pemilik atau pengelola rumah makan, warung makan dan sejenisnya, selama bulan suci Ramadan untuk dapat menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah dengan menutup dengan kain sekitar tempat usaha makannya.

Terakhir, dilarang mengadakan kegiatan sahur di jalanan (On the Road) karena kegiatan ini lebih banyak sisi negatifnya bahkan kerap memicu keributan, sehingga mengganggu kenyamanan dan keamanan umat muslim yang beribadah .

“Mari kita jalankan ramadan tahun ini dengan senang hati sehingga penuh keberkahan,” tutup Alma. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here