Thursday, 9 May 2024
HomeBeritaPeristiwa 5 Maret Paling Bersejarah di Dunia

Peristiwa 5 Maret Paling Bersejarah di Dunia

Bogordaily.net – Peristiwa berikut ini merupakan peristiwa paling bersejarah di dunia, dan selalu diperingati karena kejadiannya yang istimewa.

Berbagai peristiwa besar dan sejarah terjadi pada hari ini dan kembali diingat pada tahun 2022. Mari kita simak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada tanggal ini.

Jika merujuk penanggalan Jawa, tanggal 2022 jatuh pada 1 Ruwah 1955 atau Sabtu, Kliwon, Wayang. Sedangkan pada kalender Islam, tanggal tersebut jatuh pada tanggal 2 Syaban 1443 .

Peristiwa-peristiwa Bersejarah Pada Tanggal

1. Kaisar Romawi menyerang Kekaisaran Sassani

Pada 363 Masehi, Kaisar Romawi Julian bergerak dari Antiokhia dengan 90.000 tentara untuk menyerang Kekaisaran Sassani. Peristiwa ini merupakan peristiwa sejarah tertua yang tercatat pada tanggal .

2. Raja Inggris Henry VII memberi John Cabot komisi untuk menjelajahi tanah baru pada tahun 1496

3. Pada tanggal 1496, Raja Inggris Henry VII memberi komisi kepada John Cabot (Giovanni Caboto) untuk menjelajahi tanah baru. Peristiwa ini merupakan langkah awal dalam penjelajahan dan penaklukan wilayah baru oleh bangsa Eropa.

4. Karya astronomi ‘de Revolutionibus' oleh Nicolaus Copernicus ditempatkan pada indeks Catholic Forbidden pada tahun 1616 Nicolaus Copernicus merupakan seorang astronom terkenal yang menemukan bahwa Bumi berputar mengelilingi matahari.

Namun pada tanggal 1616, karya astronominya yang berjudul ‘de Revolutionibus' ditempatkan pada indeks Catholic Forbidden. Peristiwa ini menghambat penyebaran pengetahuan astronomi di kalangan masyarakat umum.

5. Boston Massacre terjadi pada tahun 1770

Pada tanggal 1770, terjadi Boston Massacre (Insiden di King Street). Tentara Inggris membunuh 5 orang di kerumunan dengan melemparkan bola salju, batu, dan tongkat ke arah mereka. Peristiwa ini menjadi salah satu peristiwa awal yang memicu terjadinya Revolusi Amerika.

Baca Juga: Biodata Ivana Yoan Haryanto, Kakak Agnes Gracia Haryanto

6. Surat kabar pertama diterbitkan di Australia pada tahun 1803

Pada tanggal 1803, surat kabar pertama diterbitkan di Australia. Surat kabar tersebut bernama Sydney Gazette dan New South Wales Advertiser dan diterbitkan oleh percetakan pemerintah serta mantan narapidana George Howe.

7. Serbuan Tentara Meksiko ke Texas pada tahun 1842

Lebih dari 500 tentara Meksiko yang dipimpin oleh Rafael Vasquez menyerbu Texas, menduduki San Antonio sementara dan kemudian kembali ke Rio Grande pada tanggal 5 Maret 1842.

Demikian ulasan dan informasi mengenai peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada 5 Maret.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here