Monday, 22 April 2024
HomeKota BogorRevitalisasi Pasar Pamoyanan, Perumda PPJ Siapkan Rp 19 M

Revitalisasi Pasar Pamoyanan, Perumda PPJ Siapkan Rp 19 M

Bogordaily.net – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya () berencana akan mengadakan lelang Pamoyanan pada bulan Maret 2023 dengan anggaran dari Penyertaan Modal Pemerintah sebesar Rp 19 miliar.

“Untuk tahun 2023 insyaAllah segera di revitalisasi dengan dana PMP kita bukan dana pihak ketiga. Tentunya luasan aset yang diserahkan kepada kita melalui PMP itu kurang lebih 1.200 meter. Artinya, aset murni sudah diserahkan ke PD pasar,” tutur Humas Perumda Sri Karyatno, Selasa, 7 Maret 2023.

Nantinya, lanjut Sri, di akan dibangun kios maupun Los sebanyak 150 dan enam rumah toko (ruko).

Untuk pedagangnya sendiri, menurut Sri, nanti pedagang yang mengisi , pihak Perumda akan bersinergi dengan semua pihak yang berminat berjualan di pasar tersebut.

“Persyaratan sendiri hanya identitas pedagang seperti KTP, KK dan lainnya. Hal ini untuk kepeminatan dan kepemilikan kios dan los di pasar pamoyanan,” ujarnya.

Menurutnya, dari beberapa tahun yang lalu, Pasar Pamoyanan belum aktif (belum ada bangunan) dan belum diaktifkan secara resmi untuk sebuah pasar.

Ia berharap, Pamoyanan dapat selesai secepatnya, sehingga dapat dapat dioperasionalkan

“Tahun ini, pasar pamoyanan kita bangun dan diharapkan tujuh bulan proses pembangunan dapat selesai dan langsung dapat di operasikan dengan makanisme pedagang daftar terlebih dahulu ke unit Padasuka, Pamoyanan dan Tanah Baru. Kita prioritaskan pedagang yang beralamat di Kota Bogor,” tandasnya.

Sebagai informasi, siap merevitalisasi empat pasar di Kota Bogor. Keempat pasar tersebut yakni Pamoyanan, Merdeka, Jambu dan Plaza Bogor. Semua revitalisasi dilaksanakan pada 2023.

Empat pasar yang akan direvitalisasi tersebut merupakan target pada 2023 ini. Semua pasar tersebut saling berhubungan.

Baca juga : Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Pasar Masih Terkendali

“Kenapa empat pasar ini direvitalisasi, tentunya saling berhubungan. Terutama secara usia, empat pasar ini sudah tidak layak,” kata Humas Kota Bogor, Sri Karyatno.

Untuk saat ini, kata Sri, Pasar Pamoyanan sudah kosong, kemudian sekarang sedang memasuki tahap pelelangan. Setelah ada pemenangnya, maka akan langsung dibangun. Sedangkan Pasar Merdeka akan memasuki tahap beauty contest.

Sementara itu, sebanyak 360 pedagang di Pasar Jambu, telah dipersiapkan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di sekitaran area pasar.

“Kita persiapkan di pinggir-pinggirnya (penampungan pedagang Pasar Jambu),” tutup Sri. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here