Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaTetap Bugar, Ini 5 Tips Olahraga Saat Puasa Ramadan

Tetap Bugar, Ini 5 Tips Olahraga Saat Puasa Ramadan

Bogordaily.net – Berikut adalah ulasan mengenai apa saja olahraga saat puasa yang bisa Anda ikuti. Menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa di bulan penting untuk dilakukan.

Meskipun kondisi tubuh kita tidak sama seperti hari biasanya, namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar olahraga tidak mengganggu ibadah puasa . Selama puasa, tubuh kita akan menahan makan dan minum selama 13 jam lamanya.

Lantas, bagaimana tips berolahraga yang benar saat puasa? Berikut pembahasannya di bawah ini.

Berikut ini lima tips olahraga yang bisa Anda terapkan selama berpuasa.

1. Pilih Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu berolahraga ini penting agar hasilnya optimal. Terdapat waktu-waktu terbaik untuk melakukan latihan saat puasa , yakni sebelum berbuka puasa, setelah berbuka puasa sampai menjelang sahur.

2. Jenis Olahraga

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jenis olahraga. Lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan seperti biasanya. Namun Anda perlu mengurangi intensitasnya sekitar 40 hingga 50 persen dari biasanya.

3. Kurangi Intensitas

Berikutnya adalah kurangi intensitas latihan. Kamu bisa mengurangi intensitas latihan menjadi hanya 30-40 persen. Meski rendah, latihan dengan intensitas tersebut masih bisa untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan bisa terus berolahraga selama puasa .

4. Fokus pada Latihan Berat Badan

Fokus pada latihan berat badan waktu latihan kekuatan adalah tips olahraga saat puasa yang selanjutnya. bisa menjadi waktu untuk memprioritaskan latihan kekuatan berat badan daripada latihan kardio karena akan membantu memperlambat proses kehilangan otot saat berpuasa.

Jika Anda berlatih setelah berbuka puasa, ada baiknya Anda makan makanan ringan terlebih dulu dan simpan makanan besar saat Anda selesai berolahraga. Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan tubuh saat olahraga.

5. Pilih Asupan Makanan yang Tepat

Pilihlah makanan berserat tinggi dan kaya protein saat berbuka puasa. Menggabungkan makanan bertepung berserat tinggi dan sumber protein berkualitas adalah hal terpenting selama . Makanan berserat tinggi dicerna dengan lambat dan melepaskan energi secara perlahan.

Demikianlah tadi lima tips olahraga saat puasa , agar tubuh tetap bugar. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here