Friday, 19 April 2024
HomeBeritaArti Mimpi Basah Menurut Islam Apa? Simak Penjelasannya

Arti Mimpi Basah Menurut Islam Apa? Simak Penjelasannya

Bogordaily.net basah menurut Islam apa? Anak laki-laki yang sudah baligh akan mengalami mimpi basah. Lalu apa basah menurut Islam? Berikut penjelasannya.

Mimpi basah secara ilmiah merupakan adalah mimpi berhubungan badan dengan lawan jenis. Umumnya lawan jenis tidak dikenal oleh si pemimpi hingga akhirnya mengeluarkan sperma atau cairan serupa sperma.

Dalam Islam, basah disebut ihtilam. Dalam hadits sahih yang diriwayatkan tujuh sahabat, yaitu Aisyah, Abu Qatadah, Ali, Umar ibn Khatthab, Ibn Abbas, Sidad ibn Aus, dan Tsauban, disebutkan tanda kebalighan melalui ihtilam, mimpi basah.

Baca Juga: Arti Mimpi Punya Bayi, Ini Pertanda Baik dan Buruknya

Rasulullah SAW bersabda Rufi'al qalam ‘an tsalatsin yang artinya: “Pena Tuhan diangkat dari tiga perkara: dari orang yang tidur sampai terbangunnya, dari anak sampai mimpi basah (yahtalima, ihtilam), dan dari orang gila sampai masa sembuhnya.”

basah menurut Islam dapat dilihat berdasarkan sebab dan kejadiannya.

Melansir Kumparan.com dari Bimbingan Konseling Islami: Memahami Drama Kehidupan Remaja oleh Nirwani Jumala (2021: 56-57), Syekh Imam Abu Muhammad dalam kitab Qurratul Uyun memaparkan tiga macam mimpi basah beserta artinya yang dapat dipahami umat Muslim.

Pertama adalah Ihtilam Nikmah. Artinya mimpi basah yang terjadi tanpa mimpi apa pun. Tiba-tiba bangun dalam kondisi sudah keluar mani. Mimpi basah seperti ini tetap diwajibkan mandi wajib meskipun tidak mengalami mimpi apa pun.

Kedua, Ihtilam uqubah merupakan mimpi basah yang disebabkan mimpi bersetubuh dengan orang yang tidak dihalalkan atau dengan cara yang terlarang. Misalnya, mimpi bersetubuh dengan perempuan lain atau bersetubuh lewat dubur, dan lain-lain.

Mimpi basah ini berasal dari syaithan disebabkan karena sering berkhayal tentang sesuatu yang diharamkan. Atau bisa juga sering melihat hal-hal yang terlarang, misalnya menonton film yang mengandung pornografi dan lainnya. Mimpi basah seperti ini juga tetap diwajibkan mandi wajib.

Kemudian yang ketiga ihtilam karamah. Artinya, mimpi bersetubuh dengan orang yang diperbolehkan secara syariat, yaitu istri atau suami, dengan cara yang dibenarkan oleh syariat. Mimpi basah dalam kategori ini juga diwajibkan mandi wajib.

Demikian penjelasan basah dalam Islam.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here