Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Minta Panpel Liga 1 Ganti Rugi Kerusakan Stadion Pakansari

Pemkab Bogor Minta Panpel Liga 1 Ganti Rugi Kerusakan Stadion Pakansari

Bogordaily.net–  Pasca kerusakan , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meminta ganti rugi kepada panitia Liga 1. Hal itu menyusul kerusakan akibat ricuh suporter laga Persib Bandung vs Persis Solo di , Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 4 April 2023 malam lalu.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, penggunaan untuk klub Persib Bandung belum ada kerja sama dengan . Hanya saja kata Iwan sifatnya situasional. Adapun dengan klub Persikabo 1973 sudah ada kerja sama sejak awal.

“Tidak ada MoU dari awal kalau dengan Persib. Kalau dengan Persikabo ada satu musim, tapi kalau itu situasional, jadi mungkin MoU dituangkan dalam kerja sama itu,” kata Iwan Setiawan kepada wartawan, Jumat, 7 April 2023.

Terkait adanya kerusakan infrastruktur , Iwan meminta agar panitia penyelenggara (Panpel) untuk bertanggung jawab. Pihaknya juga meminta ganti rugi kerusakan tersebut.

Baca Juga: Imbas Ricuh Suporter, Pengamanan Stadion Pakansari Diperketat

“Bilamana ada kerusakan pihak panitia akan bertanggung jawab, itu pasti. Dan kerusakan itu pasti kami akan tuntut, karena hak dan kewajiban kita ada ditulis,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Herdi Sukriadi mengatakan, ada ratusan kursi di tribun selatan dan timur serta pagar yang mengalami kerusakan akibat kericuhan.

“Kerusakan itu tanggung jawab panitia penyelenggara, dalamnya (surat penyewaan atau perizinan) ada peraturan. Salah satunya apabila terjadi kerusakan mereka bertanggung jawab penyewa,” kata Herdi Sukriadi.

Kursi dan Pagar Stadion Didatangkan dari China

Ia mengatakan, kursi dan pagar yang mengalami kerusakan itu didatangkan dari China yang didistribusikan oleh Singapura. Sebab, Indonesia tidak memproduksi kursi dengan kualitas standar yang diinginkan.

“Kursi yang rusak ini tahan ultraviolet dan tidak menghantar api, dia bisa terbakar tapi tidak menghantar api,” jelasnya.

Ia menambahkan, kerugian yang harus diganti nilainya mencapai Rp100 juta. Sebab, saat pihaknya melakukan pengadaan pada tahun 2019, biayanya mencapai Rp700 ribu per unit kursi berikut pemasangan.

“Kalau saya kira-kira kerugiannya mungkin sampai di angka Rp80 sampai Rp100 juta cuma pastinya kita belum tau karena kita harus nunggu dulu. Tapi tadi ada yang sudah ke sini saya minta untuk diberikan harga terbaru saat ini,” ujar Herdi.

Sebelumnya diberitakan, pertandingan antara Persib Bandung vs Persis Solo di berlangsung ricuh. Kedua suporter saling lempar bangku dan menembakan petasan di tribun , Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 4 April 2023. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here