Friday, 17 May 2024
HomeKota BogorSekda Tekankan Penanganan ODF dan Stunting Harus Sinergi

Sekda Tekankan Penanganan ODF dan Stunting Harus Sinergi

Bogordaily.net – Kecamatan Bogor Tengah melaksanakan Rapat koordinasi (rakor) penanganan Open Defecation Free () atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kota Bogor, yang dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan Bogor Tengah Kamis, 6 April 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah secara langsung memimpin rakor didampingi Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Bogor, Hidayatullah dan Camat Bogor Tengah, Dicky Iman Nugraha.

“Apa yang dibahas dan apa yang dilakukan sama dengan apa yang dibahas dalam rakor di Kecamatan Bogor Utara beberapa pekan lalu. Evaluasi dan stunting menjadi dua pembahasan rakor ini, karena upaya yang kita lakukan sama. Kalau ada pemetaan, di mana daerah yang nya tinggi pasti stuntingnya juga tinggi. Apapun asupan yang diberikan akan percuma kalau hidupnya tidak bersih, maka akan percuma,” kata Syarifah.

Kepada para lurah se-Kecamatan Bogor Tengah dan semua pihak terkait yang hadir, Syarifah menekankan penanganan yang dilakukan harus sinergi dan bersama-sama.

Kepada jajaran perangkat daerah yang ditunjuk sebagai koordinator wilayah juga ditekankan untuk turun membantu dalam implementasi evaluasi .

Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor, Irwan Riyanto berharap kepada para lurah dan semua pihak di wilayah langsung menerapkan hal-hal terkait dan stunting.

Kemudian, dibahas dalam rakor agar hasilnya dapat segera terlihat, dirinya menekankan bangun kolaborasi dengan sektor swasta.

Turun ke Wilayah

Dalam laporan Camat Bogor Tengah, Dicky Iman Nugraha, melalui program Berkunjung Ke Wilayah Setiap Hari (Berlari) Kecamatan Bogor Tengah, dirinya bersama para lurah dan jajaran turun ke wilayah masing-masing setiap hari satu RW untuk memetakan dan stunting.

Dari data tahun 2023, tercatat ada 6.057 titik setelah di validasi ke wilayah belum secara keseluruhan.

Namun dari data validasi yang didapat dari beberapa RW pada Kelurahan Tegallega ada 178 data yang salah, selanjutnya 41 di Kelurahan Ciwaringin.

Baca juga : Libur Nasional, Layanan SIM Polresta Bogor Kota Tetap Buka

“Untuk data stunting sampai akhir bulan Maret 2023, kita reduksi sebanyak 633 data stunting. Itu sudah rekonsiliasi dengan Dinas Kesehatan,” kata Dicky.

Menurutnya sungai dan anak sungai menjadi ‘makanan empuk' warga yang tidak peduli .

Selain itu, kondisi demografis, kepadatan penduduk, faktor ekonomi serta terakhir mental dan kultur.

Upaya memberikan solusi bagi warga dengan membangun septic tank sudah dilakukan pihak Kecamatan Bogor tengah.

Namun kendala yang ditemui adalah muncul air di kedalaman 50 cm karena lahan yang ada merupakan tebing.

Di samping kepadatan rumah yang hanya menyisakan jalan berupa gang berjarak 1 meter.

Temuan di lapangan lanjut Dicky adalah tidak sedikit warga yang mampu secara ekonomi tetapi tidak memiliki septic tank pribadi.

Membangun kemitraan dengan para pelaku usaha dan semua tempat ibadah untuk menyatukan pandangan bahwa dan stunting adalah permasalahan bersama tidak hanya Pemerintah Kota Bogor, menjadi salah satu strategi yang dilaksanakan Kecamatan Bogor Tengah.

“Alhamdulillah dari semua yang kami datangi, semua siap mendukung penanganan dan stunting di Kecamatan Bogor Tengah sesuai kapasitas dan kemampuannya,” katanya. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here