Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorUniversitas di Bogor Apa Aja? Ini 10 Kampus Negeri dan Swasta Terkeren

Universitas di Bogor Apa Aja? Ini 10 Kampus Negeri dan Swasta Terkeren

Bogordaily.net di Bogor apa aja? Ada yangbtaju? Bogor bukan hanya kaya dengan kuliner dan wisata atau angkot.

Lebih dari itu, Bogor juga memiliki banyak yang punya nama mentereng di kancah nasional.

Baca Juga: Dinsos Kota Bogor Pulangkan Pria yang Mau Loncat di Jembatan Otista

Mulai dari negeri hingga swasta. Jika ditotalkan jumlahnya mencapai puluhan.

Dari sekian banyak kampus baik universitas atau sekolah tinggi. Ada 10 negeri dan swasta yang paling keren dan jadi favorit.

Karena karena prestasinya bukan hanya di Bogor tapi juga menggema hingga ke Nusantara.

Daftar 10 di Bogor Apa Aja Selain IPB

Berikut ini adalah sebuah nama yang punya reputasi dan prestasi hingga ke tingkat nasional.

1. IPB (Institut Pertanian Bogor)

Didirikan pada tahun 1963 sebagai fakultas pertanian Indonesia, kini IPB telah berkembang menjadi perguruan tinggi dengan 11 fakultas dan satu sekolah bisnis dan pascasarjana.

Pada tahun 2017, IPB meraih akreditasi A dari BAN-PT dan diakui sebagai perguruan tinggi paling inovatif oleh Business Innovation Center, Kemenristek RI.

IPB juga meraih peringkat 1 sebagai kampus terbaik se-Indonesia pada tahun 2020. IPB memiliki lima kampus.

Yaitu Kampus Dramaga sebagai pusat kegiatan belajar, Kampus Baranangsiang sebagai pusat penelitian, Kampus Gunung Gede sebagai pusat pendidikan bisnis, dan Kampus Cilibende dan Kampus Taman Kencana. Kampusnya terletak di Jl. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kota Bogor.

2. Pakuan

Merupakan salah satu swasta terbaik di Bogor yang berdiri sejak tahun 1980.

Universitas ini adalah kelanjutan dari Universitas Bogor yang sudah berdiri selama dua dekade.

Ada beberapa program studi yang terakreditasi A dari BAN-PT, seperti ilmu hukum, akuntansi, administrasi pendidikan, manajemen, dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup.

Universitas ini memiliki enam fakultas, sekolah pascasarjana, dan vokasi.

Kampusnya sangat strategis dan mudah diakses, hanya 10 menit dari jalan tol dan berada di jalan akses ke ibu kota. Universitas Pakuan terletak di Jl. Pakuan, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Merupakan perguruan tinggi negeri di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang hanya ada satu-satunya di Bogor.

Lulusannya akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di BSSN atau instansi pemerintah lain, baik pusat maupun daerah.

Perguruan tinggi ini menawarkan tiga program studi setara diploma IV (D4), yaitu rekayasa keamanan siber, rekayasa perangkat keras kriptografi, dan rekayasa kriptografi.

Politeknik ini menerapkan sistem drop-out (DO), di mana mahasiswa akan dikeluarkan jika hasil pembelajarannya tidak memenuhi batas nilai yang ditetapkan.

Fasilitas di sini sangat lengkap, mulai dari empat laboratorium yang canggih, hingga kolam renang.

Politeknik Siber dan Sandi Negara terletak di Jl. Raya H. Usa, Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Tersembunyi di pegunungan Kabupaten Bogor, STIN merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang secara khusus mempelajari ilmu intelijen.

Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 2004 dan berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN).

Namun, untuk menjadi mahasiswa STIN, tidaklah mudah. Calon mahasiswa harus melalui pelatihan fisik di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) di Batujajar, Jawa Barat, selama sebulan.

Selain itu, mereka juga harus menguasai setidaknya satu bahasa asing, seperti bahasa Arab, Mandarin, Jepang, atau Prancis.

Lokasi kampus STIN cukup terpencil dan akses ke pusat kota cukup sulit. Namun, mahasiswa STIN tidak perlu khawatir tentang biaya kuliah karena perguruan tinggi ini sepenuhnya gratis. Setelah lulus, para mahasiswa langsung direkrut oleh BIN.

5. Universitas Djuanda (Unida)

Berbeda dengan STIN yang khusus mempelajari ilmu intelijen, Unida adalah universitas swasta yang berdiri pada tahun 1987 dan memiliki 7 fakultas dan 16 program studi.

Unida di bawah naungan Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia dan mengedepankan nilai-nilai Islami. Oleh karena itu, Unida memiliki slogan “Kampus Bertauhid”.

Beberapa fakultas di Unida juga mengusung nilai-nilai Islami, seperti Fakultas Ilmu Pangan Halal dan Fakultas Agama Islam dan Pendidikan. Lokasi kampus Unida cukup strategis karena berada di Jalan Tol Jagorawi No. 1, Ciawi, Kabupaten Bogor.

6. Universitas Ibn Khaldun

Berdiri di kota hujan, Bogor, Universitas Islam yang didirikan oleh para tokoh ulama ini telah menjadi ikon keilmuan di kota tersebut.

Diresmikan pada tahun 1961 oleh Yayasan Ibn Khaldun Bogor, kampus ini telah mengalami perubahan pesat dari hanya memiliki empat fakultas menjadi enam fakultas dengan 23 program studi dan sekolah pascasarjana.

Kualitas Fakultas Agama Islam di UIKA juga patut diperhitungkan, karena berhasil meraih gelar sebagai fakultas terbaik se-Jawa Barat dan Banten selama tiga tahun berturut-turut menurut Kopertais.

Kampus yang bernuansa Islami ini juga menyediakan berbagai fasilitas bagi para mahasiswanya, termasuk masjid dan perpustakaan yang lengkap.

Terletak di Jl. Sholeh Iskandar, Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, universitas ini telah melahirkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan dan agama.

7. Universitas Pertahanan Indonesia

Berbeda dengan universitas-universitas pada umumnya, Universitas Pertahanan Indonesia (UPI) mengkhususkan diri dalam mengajarkan studi pertahanan.

Mulai dari tingkat diploma III (D3) hingga doktor (S3), UPI dibina oleh Kementerian Pertahanan dan telah berhasil meraih akreditasi A sebagai universitas kelas dunia.

Selain untuk perwira TNI dan Polri, universitas ini juga terbuka untuk masyarakat umum.

Dengan 9 fakultas, 1 program doktoral, 17 program magister, 10 program sarjana, dan 7 program diploma, UPI berlokasi di Kawasan Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

8. Universitas Nusa Bangsa

Universitas swasta di Bogor yang sudah berdiri sejak tahun 1987, Universitas Nusa Bangsa (UNB), kini telah mengelola 4 fakultas dengan 8 program studi, dan satu program pascasarjana untuk program studi ekonomi pembangunan.

Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) merupakan fakultas awal UNB dengan hanya memiliki 5 jurusan pada waktu itu.

Fakultas Kehutanan awalnya adalah program studi manajemen hutan di Fakultas Pertanian. Lokasi UNB berada di Jl. KH Sholeh Iskandar KM4, Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

9. Universitas Terbuka

Sebagai perguruan tinggi negeri yang terbuka bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan tinggi atau meraih gelar sarjana, Universitas Terbuka (UT) tidak membatasi usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi ujian.

Syaratnya hanya lulus SMA atau sederajat. UT Bogor merupakan salah satu universitas terbaik di Bogor, yang telah mendapat akreditasi B dan beberapa program studinya telah mengantongi akreditasi A.

Selain di Bogor, UT Bogor juga membawahi beberapa kota/kabupaten di sekitar Bogor seperti Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bogor. Alamat UT Bogor berada di Jl Sholeh Iskandar no. 234, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

10. Institut Tazkia

Institut Tazkia merupakan perguruan tinggi Islam swasta yang diincar banyak calon mahasiswa karena kualitasnya yang telah diakui di dunia pendidikan, terutama di bidang ekonomi syariah.

Kampus ini pernah menerima penghargaan sebagai Centre of Excellent Kampus Ekonomi Syariah dari Kementerian Agama.

Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 2000 karena krisis ekonomi 1997-1998, yang membuat banyak industri perbankan nasional runtuh, namun sistem ekonomi syariah mampu bertahan melewati krisis.

Demikian ulasan dan informasi mengenai universitas di Bogor Apa Aja dan daftar 10 kampus negeri dan swasta terkeren.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here