Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorDPRD Minta Pemkab Bogor Anggarkan Festival Kuluwung

DPRD Minta Pemkab Bogor Anggarkan Festival Kuluwung

Bogordaily.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk menganggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal tersebut dicanangkan anggota DPRD asal Kecamatan Sukamakmurnya, Muhammad Ansor untuk melestarikan tradisi budaya di Kabupaten Bogor.

“Harapan saya demikian (dianggarkan), karena Disbudpar mengatakan demikian. Saya sebagai representasi warga masyarakat hanya mendorong nanti untuk penganggarannya,” ujar Muhammad Ansori, Rabu 3 Mei 2023.

Di samping itu, kata dia, anggaran pesta rakyat itu tidak kurang menghabiskan Rp500 juta. Oleh karenanya, Ansori berharap tradisi festival di wilayah tidak punah akibat tidak adanya dana.

Festival Kuluwung
di Kecamatan , Kabupaten Bogor, Rabu 3 Mei 2023. (Mutia/Bogordaily.net)

“Kalau dianggarkan yang bentuk materi saja tidak kurang dari 500 juta, itu materi . Tapi kalau nilai, ini tidak ternilai karena ini salah satu hajat masyarakat Kecamatan , ajang silaturahmi, sehabis Idul Fitri,” kata dia.

Meski demikian, ia menyebut, festival adu kuluwung itu juga dibiayai secara swadaya oleh masyarakat Kecamatan , Kabupaten Bogor

“Dana dari partisipasi masyarakat, panitia tidak memberikan patokan, mereka secara sukarela bahu-membahu untuk acara ini,” tungkasnya kepada Bogordaily.net.

Kegiatan ini sendiri akan diselenggarakan mulai hari ini, tanggal 3 April 2023 sampai dengan besok 4 April 2023. Nampak, ribuan masyarakat turut memadati hiburan rakyat di Kecamatan , Kabupaten Bogor.

Adu kuluwung antara Desa Sukamulya dan Desa silih berganti mengeluarkan suara dentuman yang kencang bagaikan bom meledak. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here