Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorKetua DPRD Rudy Susmanto Siap Dongkrak Festival Kuluwung Jadi Event Unggulan

Ketua DPRD Rudy Susmanto Siap Dongkrak Festival Kuluwung Jadi Event Unggulan

Bogordaily.net–  Ketua DPRD Kabupaten Bogor, siap mendongkrak untuk menjadi event unggulan di Kabupaten Bogor.

“Tentu kami akan mendorong supaya festival ini dimasukkan dalam kalender event Disbudpar Kabupaten Bogor,” ujar usai menghadiri Festival Adu Kuluwung di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Kamis 4 April 2023.

Rudy sapaan akrabnya juga turut mengapresiasi kegiatan festival yang juga disebut meriam karbit mulai tanggal 3 Mei 2023 hingga 4 Mei 2023.

“Ini kan sudah menjadi tradisi, menjadi adat budaya yang dipelihara secara turun temurun. Dibiayai secara urunan oleh warga, jadi memang harus menjadi perhatian pemerintah daerah,” kata .

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Festival Kuluwung (2)
Ketua DPRD Kabupaten Bogor saat menyambangi di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

Jadi Daya Tarik Wisatawan

Dengan mendongkrak untuk menjadi event unggulan di Kabupaten Bogor, Rudy berharap hal ini bisa menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke  Sukamakmur.

“Pemerintah tentunya akan mengemas kegiatan tersebut lebih baik lagi dan mempromosikan kegiatan tersebut sebagai salah satu kegiatan pariwisata budaya di Kabupaten Bogor,” ujar Rudy.

Di samping itu, pemerintah akan senantiasa mendorong anggaran penyelenggaraan pesta rakyat tersebut supaya dapat  dirasakan langsung oleh masayarakat yang berdekatan.

“Ya tentunya nanti dihitung berapa kebutuhannya, kemudian bentuk bantuan pembiayaannya seperti apa. Apakah sebagai stimulus, apakah sebagai subsidi atau sebagai apa, itu nanti akan dikalkulasi,” jelasnya kepada wartawan.

Menurutnya, pemerintah daerah juga perlu peningkatan daftar usaha lainnya untuk meningkatkan potensi ekonomi di sektor perekonomian melalui festival tersebut.

“Misalnya, akomodasi penginapan pengunjung yang datang dari luar daerah serta peningkatan  produk UMKM ekonomi kreatif seperti souvenir, makanan khas yang ada di Sukamakmur,” paparnya.

Rudy hadir mendampingi Wakil Ketua MPR RI sekaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Gerindra juga turut hadir untuk menyaksikan kemeriahan yang melibatkan dua desa di Kecamatan Sukamakmur itu.(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here