Friday, 26 April 2024
HomeTravellingMuseum Pasir Angin, Destinasi Sejarah di Bogor yang Dipenuhi Artefak Arkeologi

Museum Pasir Angin, Destinasi Sejarah di Bogor yang Dipenuhi Artefak Arkeologi

Bogordaily.net Pasir Angin, salah satu sekaligus destinasi sejarah yang terletak di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

ini terletak di sebuah bukit kecil dengan ketinggian sekitar 210 mdpl, menciptakan suasana yang sejuk dan menyegarkan mata bagi pengunjungnya.

Baca Juga: Link Nonton Series A+ Tinggal Klik

Papan Informasi dan Destinasi Sejarah di Bogor

Saat memasuki area , pengunjung disambut dengan plang bertuliskan “ Pasir Angin” serta beragam papan informasi yang menarik untuk dijelajahi.

Di dalam ini, terdapat berbagai benda peninggalan zaman dulu yang dapat dilihat oleh pengunjung dengan keterangan yang lengkap.

Ekskavasi dan Artefak Arkeologi

Di sekitar lokasi , terdapat banyak patok bekas penggalian atau ekskavasi yang dilakukan oleh tim peneliti.

ini menyimpan beragam artefak menarik yang sangat layak untuk dieksplorasi.

Pengunjung dapat menemukan benda-benda arkeologi seperti tongkat perunggu, kapak besi, kapak corong, alat-alat obsidian, dan gerabah.

Sejarah Pasir Angin

Pasir Angin didirikan pada tahun 1975 sebagai tempat penyimpanan benda-benda arkeologi temuan dari Puslitarkenes (Pusat Penelitian Arkeologi Nasional) pada tahun 1970/1975.

Fragmen arca juga ditempatkan di museum ini. Setahun kemudian, museum ini dibuka untuk umum.

Awalnya, koleksi museum terdiri dari batu monolit, alat perunggu, tembikar, dan keramik yang diperkirakan berasal dari tahun 600 SM hingga 200 SM.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang sejarah museum ini, kami mengundang Anda untuk datang langsung ke Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here