Friday, 19 April 2024
HomeTravellingMuseum Zoologi Cibinong : Lokasi dan Jam Operasional

Museum Zoologi Cibinong : Lokasi dan Jam Operasional

Bogordaily.net – Berikut lokasi dan jam operasional Bogor. Museum spesimen fauna terbesar di Asia Tenggara.

juga menjadi pusat penelitian biologi bidang zoologi LIPI. Serta menyimpan jutaan koleksi spesimen fauna yang ada di Indonesia.

Tenyata, Museum ini masih ada kaitannya dengan museum zoologi di Kebun Raya Bogor. Namun bedanya digunakan sebagai tempat penelitian.

Lokasi

Baca juga : Bangun Bumi Ageung Batutulis, Pemkot Bogor Gelontorkan 16 M

Museum ini terletak di Gedung Widyasatwaloka, tepatnya di area Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Jalan Raya Jakarta – Bogor Km 46, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Peneliti Molusca Puslit Biologi, Maryanto mengatakan, ini sudah ada sejak tahun 1997, dan masih ada kaitanya dengan museum Zoologi di kawasan Kebun Raya Bogor.

Baca juga : Rumah Tangga dengan Opick Disorot, Bebi Silvana Minta Doa

“Tempat ini adalah sumbangan dari dunia sebetulnya, melewati jepang gedung ini dibuat dan selesai pada tahun 1997. Sebelumnya ada Museum Zoologi Bogor yang berada di lingkungan Kebun Raya,” kata Maryanto.

Menurutnya, Museum ini jadi terbesar di Asia Tenggara karena menyimpan berbagai koleksi spesimen fauna yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Kami menyimpan koleksi binatang dari seluruh Indonesia, terutama dari luar negeri, dan ada beberapa sumbangan dari pihak luar,” jelasnya.

Ia menjelaskan, di dalam museum terdapat berbagai jenis hewan mulai dari hewan betulang belakang (Vertebrata) dan hewan tidak bertupang belakang (Invertebrata).

“Ada sebanyak 7 takson yang ada disini dari mulai takson mamalia, burung, herpetologi, yaitu reptil dan amfibia, ikan, molusca dan ada udang, kepiting, serangga dan lain sebagainya,” ujar Maryanto.

Jam Operasional

Sekedar informasi, untuk jam operasional museum setiap hari Kamis. Museum ini hanya menerima kunjungan dari pelajar SMA maupun Mahasiswa.

Adapun jumlah spesimen fauna disini sebanyak 3 juta koleksi, dan jumlah itu akan terus bertambah setiap tahunya.

Tak ayal, membuat Museum ini menjadi salah satu museum spesimen fauna terbesar di Asia Tenggara.

Demikin informasi soal lokasi dan jam operasional .(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here