Tuesday, 7 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Akomodir Aksi Unjuk Rasa Serikat Kerja Buruh

Pemkab Bogor Akomodir Aksi Unjuk Rasa Serikat Kerja Buruh

Bogordaily.net–  mengakomodir aksi unjuk rasa yang disampaikan oleh Serikat Kerja dalam rangka momentum peringatan May Day.

Beberapa usul para serikat kerja Kabupaten Bogor diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor secara langsung di Ruang Rapat VIII Setda Kabupaten Bogor, Senin, 8 Mei 2023.

“Apa yang memang ingin diusulkan aspirasi dari teman-teman ini kami siap memfasilitasi baik itu ke Provinsi ataupun ke Pemerintah Pusat,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan dalam keterangan yang diberikan oleh Diskominfo Kabupaten Bogor.

Ada empat tuntutan yang disampaikan para serikat pekerja Kabupaten Bogor itu. Pertama, meminta dicabutnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja.

Kedua, tolak Permenaker Nomor 5 tahun 2023 tentang Penyesuaian Pengupahan pada Perusahaan Industri Padat Karya. Ketiga, yakni melaksanakan notulen Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Kabupaten Bogor.

Terakhir yakni, lebih sinergi atau pererat pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.

Pemkab Bogor Akomodir Aksi Unjuk Rasa Serikat Kerja Buruh

Pada kesempatan itu, Iwan turut mengapresiasi perjuangan dan upaya para serikat pekerja selama ini. Ia berharap agar, pergerakan dari seluruh elemen dunia serikat pekerja bisa mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Pada prinsipnya kami di Forkopimda ini ya tugasnya adalah melayani, siapapun mau kelompok apapun, golongan, suku dan agama, ras dan sebagainya wajib kita layani. Sebagai pelayan atau abdi masyarakat tidak boleh memilih-milih,” ungkap Iwan Setiawan.

Disamping itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor Zaenal Ashari mengatakan, selain empat usulan itu, serikat pekerja juga mengusulkan kegiatan bersama Forkopimda Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah dari semua yang disampaikan sudah diakomodir oleh pimpinan kita. Bentuk solusinya bahwa rencananya 17 Mei 2023 mendatang, kita akan melaksanakan silaturahmi, apalagi sekarang masih bulan Syawal sekaligus halal bihalal,” jelas Zaenal. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here