Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorPerumda PPJ Turun Tangan, Drainase Jalan Solis Steril dari Sampah

Perumda PPJ Turun Tangan, Drainase Jalan Solis Steril dari Sampah

Bogordaily.net – Saluran drainase di (Solis) kini nampak steril dari . Hal ini setelah Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda-PPJ) Kota Bogor turun tangan bersama warga lakukan bersih-bersih.

Sebagai informasi, sebelumnya drainase tersebut dipenuhi yang menyumbat pembuangan air.

Sehingga mengakibatkan banjir di lingkungan permukiman warga dan Pasar Teknik Umum (Tekum Kemang Bogor.

Humas Perumda Pasar Pakuan Jaya, Sri Karyatno mengatakan, bahwa kondisi itu akan selalu dijaga.

Sehingga, tak lagi terjadi banjir yang akhirnya merugikan semua baik masyarakat dan juga Perumda PPJ.

“Ya, sekarang drainase ini sudah steril dari dan tentunya akan selalu dijaga oleh bersama. Karena dengan begitu semua jadi tenang, nyaman tidak lagi dihantui bencana banjir seperti sebelumnya terutama saat turun hujan,” ungkap Sri, Jum'at, 12 Mei 2023.

Baca juga : Daftar Tiket Masuk 5 Candi di Asia, Candi Borobudur jadi yang Termahal

Pria yang akrab sapa Marino ini menjelaskan, nanti akan selalu ada petugas yang melakukan monitoring secara rutin, supaya kondisi drainase selalu terjaga.

Gotong Royong Bersama Warga

Sebelumnya pihak Perumda PPJ bersama warga melakukan pembersihan di drainase yang dipenuhi tersebut, karena kerap terjadi banjir.

Manager Usaha dan Jasa Perumda PPJ Abdul Haris Maraden mengatakan, bahwa terjaganya area tersebut dari bencana banjir tidak terlepas dari kepentingan PD Pasar di situ.

Menurut Haris, kalau banjir terus, maka pelayanan akan di komplain oleh pedagang dan pengunjung, sehingga berpengaruh terhadap omset para pedagang, sebab akan membuat masyarakat malas berbelanja ke Pasar Tekum.

Masih kata Haris, jika terus banjir maka implikasinya adalah berpengaruh terhadap turunnya omset pendapatan para pedagang. Dan itu muaranya terhadap pendapatan PPJ, sebab mereka tidak akan mau bayar servis charge.

“Nah ini kan yang kita tidak harapkan, sehingga kedepan akan menjadi kegiatan rutin untuk melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar pasar dengan warga setempat,” tuturnya.

Saat ini, kata Haris, pihaknya sudah membuat saringan dari besi di jalur-jalur pembuangan air, hal itu dilakukan agar yang dari dalam pasar tidak lari keluar.

Dijelaskannya, bahwa dalam kegiatan bersih-bersih yang dilakukan Perumda PPJ di support penuh oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor.

“Jadi, menurut warga bahwa drainase ini baru kali ini di normalisasi dan untuk solusi jangka panjangnya, kami telah berkoordinasi dengan D-PUPR Kota Bogor agar ke depan dilakukan perbaikan,” tutupnya. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here