Sunday, 12 May 2024
HomeNasionalRizal Ramli Soal Perubahan: Bisa Dilakukan di Luar, Apalagi dalam Sistem  

Rizal Ramli Soal Perubahan: Bisa Dilakukan di Luar, Apalagi dalam Sistem  

Bogordaily.net– Tokoh nasional yang juga ekonom senior menyebut perubahan bisa dilakukan untuk Indonesia yang lebih baik. Perubahan itu kata , bisa dilakukan baik di luar sistem apalagi jika berada di dalam sistem.

mengatakan dalam sistem perubahan, bisa dilakukan karena adanya kekuasaan yang dimiliki seseorang. Karena itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Namun, di luar lingkaran kekuasaan menurut juga bisa dilakukan perubahan.

“Di luar sistem kita bisa mengubah Indonesia, apalagi di dalam sistem, kan ada kekuasaan. Karena punya kuasa dan banyak yang kami lakukan,” ujar Hal dalam dialog “Demokrasi 25 Tahun Setelah Reformasi: Masa Lalu, Saat Ini, dan Masa Depan, Sebuah Refleksi” dilansir Indonews.id dari Youtube AhlanQTV.

Ikut Perjuangkan UU Desa

Ia mencontohkan beberapa hal yang pernah dilakukannya saat berada di luar sistem. Misailnya saat pria yang akrab disapa RR itu memperjuangkan UU Desa yang disahkan pada tahun 2014 lalu.

Ketika itu, RR bersama Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia berjuang di jalanan dengan melakukan demonstrasi maupun melalui diskusi tentang pentingnya Indonesia mempunyai UU Desa.

“Bersama Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia kami memperjuangkan Undang Undang Desa dari tahun 2012-2014 dengan demonstrasi berkali-kali,” ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri itu.

mengungkapkan, seiring dengan perjalanan waktu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu akhirnya menyetujui UU Desa tersebut.

“Pemerintah SBY pada waktu itu setuju untuk menggolkan Undang Undang Desa. Sehingga desa hari ini bisa dapat uang satu miliar lebih,” jelas mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu.

Namun, perjuangan berat yang dilakukannya bersama Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia itu kata diklaim oleh pemerintahan Jokowi menjadi salah satu keberhasilannya.

“Padahal hal ini bukan prestasi Jokowi,” tegasnya.

Lebih lanjut ia berbicara tentang Pilpres 2024 mendatang. RR menilai pemilu 2024 sudah diatur oleh elit politik maupun pemerintahan.

“Jangan bermimpi pilpres 2024 akan menghasilkan pemimpin terbaik yang dimiliki oleh bangsa ini,” kata RR.

Meski demikian, ia pun meminta agar kita tidak perlu patah semangat. Sebab yang paling penting adalah mengubah sistemnya.

“Kalau kita dipercaya memegang kekuasaan maka kita akan mengubah sistem tersebut,” uja . (Gibran/***)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here