Monday, 29 April 2024
HomeNasionalSemarak Hari Tuberkulosis, Murni Teguh Ciledug Beri Edukasi 

Semarak Hari Tuberkulosis, Murni Teguh Ciledug Beri Edukasi 

Bogordaily.net – Rumah Sakit (MTC) mengadakan kegiatan seputar tuberkulosis di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan pada tanggal 16 Mei 2023. Hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Tuberkulosis (TB) sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2023.

MTC yang diwakilkan oleh dokter spesialis paru, dr.Dian Apriliana, Sp.P memberikan penjelasan menyeluruh terkait tuberkulosis kepada para peserta di acara tersebut.

Atas partisipasinya, pihak Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan pun memberikan plakat penghargaan simbolis kepada RS yang diterima langsung oleh dr. Dian Apriliana, Sp.P.

MTC Jalankan untuk Peringati

Sebelumnya, , juga bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, mengadakan program dalam bentuk skrining TB untuk pasien dengan indikasi diabetes melitus (DM) atau yang biasa disebut dengan penyakit kencing manis.

Baca juga : Harga Emas Logam Mulia Pergram Terbaru Hari Ini, Minggu 21 Mei 2023

Penyakit DM sendiri diketahui dapat meningkatkan risiko terkena TB menjadi 5x lipat lebih besar dibanding pasien dengan kondisi normal.

Hal ini disampaikan oleh dr. Sanri Prahmadi, Sp.P, FISR kepada tim Indonesiadaily pada Maret silam.

“Penyakit diabetes melitus atau kencing manis ini dapat menyebabkan kemungkinan sakit TB kita 5x lebih mungkin dibandingkan dengan orang yang tidak menderita TB,” tutur dr. Sanri saat itu.

Indonesia saat ini tercatat sebagai negara nomor 2 tertinggi di dunia untuk penderita TB. Untuk tahun 2021.

Diketahui sekitar kurang lebih 2,9 juta penduduk Indonesia menderita TB. Indonesia menyumbang 9,29% dari seluruh total penderita TB di dunia.

Untuk menghindari TB, dokter Sanri memberikan beberapa tips, diantaranya menjaga imunitas tubuh, memperhatikan pola makan, dan menyeimbangkan antara tidur/istirahat, makan dan olahraga.

Tidak lupa beliau mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here